Kamis 25 Aug 2022 18:36 WIB

Program Tim Medis Keliling Desa PDIP Jangkau 400 Lebih Desa Selama Tujuh Bulan

DPC PDIP Kabupaten Bogor siagakan 43 ambulans, dua mobil klinik, dan ratusan relawan.

DPC PDIP Kabupaten Bogor menyiagakan 43 ambulans, dan dua mobil klinik, dan ratusan ribu sukarelawan selama menggelar Program Pemeriksaan Kesehatan, Pengobatan, dan Kacamata Gratis
Foto: istimewa
DPC PDIP Kabupaten Bogor menyiagakan 43 ambulans, dan dua mobil klinik, dan ratusan ribu sukarelawan selama menggelar Program Pemeriksaan Kesehatan, Pengobatan, dan Kacamata Gratis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor meluncurkan Program Pemeriksaan Kesehatan, Pengobatan, dan Kacamata Gratis berpotensi pecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Diketahui, peluncuran program dilaksanakan di kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, Jalan Tegar Beriman, Jawa Barat, Kamis (25/8/2022). 

Mensos RI sekaligus Ketua DPP PDIP Bidang Sosial Tri Rismaharini, Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono, dan anggota DPR RI Fraksi PDIP Adian Napitupulu serta Ribka Tjiptaning hadir dalam acara peluncuran program tersebut.

Baca Juga

Perwakilan MURI Yusuf Ngadri menyebut program dari DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor yang memberikan pelayanan kesehatan mirip dengan kegiatan serupa oleh instansi lain. 

Namun, kata Yusuf, kegiatan dari PDIP menjadi berbeda karena pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Bogor berlangsung selama tujuh bulan berturut-turut dan bisa mendapat rekor MURI. Terlebih lagi, pelayanan tidak diberikan hanya kepada penyakit tertentu. 

"Makanya MURI tertarik memantau, apalagi ada layanan pemberian kacamata ke masyarakat. Selain itu, yang dilayani semua jenis penyakit yang mungkin ada. Apalagi katanya akan dirujuk, jika ada penyakit lainnya. Ini berbeda," ujar dia ditemui di kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (25/8/2022). 

Adapun, DPC PDIP Kabupaten Bogor menyiagakan 43 ambulans, dan dua mobil klinik, dan ratusan ribu sukarelawan selama menggelar Program Pemeriksaan Kesehatan, Pengobatan, dan Kacamata Gratis yang berlangsung di 435 desa, Kabupaten Bogor. 

MURI, kata Yusuf, akan memantau langsung pelaksanaan program yang digagas Adian Napitupulu itu. Termasuk, melihat konsistensi kerja seluruh sukarelawan selama kegiatan berlangsung. 

"Kami akan melihat bagaimana stamina seluruh sukarelawan dalam melayani masyarakat untuk bekerja konsisten selama tujuh bulan," ujarnya. 

Sementara itu, politikus PDIP Ribka Tjiptaning menyebut Program Pemeriksaan Kesehatan, Pengobatan, dan Kacamata Gratis merupakan instruksi ketua umum partai berlambang Banteng Megawati Soekarnoputri. 

Sebab, kata dia, Presiden kelima RI itu pernah meminta seluruh kader untuk bersama rakyat dalam keadaan apa pun. 

"Beliau bilang ketika sedang berkuasa. Kebahagiaanku bukan karena dekat dengan kekuasaan, tetapi kebahagiaanku ketika menangis dan tertawa bersama rakyat. Ini yang selalu dipegang dan wujudkan," ujar Ribka. 

Dia berharap seluruh sukarelawan kesehatan dari PDIP bisa menjaga stamina agar kegiatan tidak mengendur selama tujuh bulan berlangsung. "Kegiatan ini akan dilakukan selama tujuh bulan dengan 400 lebih desa. Saya harap stamina para dokter dan tenaga kesehatan dijaga," ujar dia. 

Diketahui, para sukarelawan kesehatan dari PDIP akan bersiaga di Kabupaten Bogor demi mencari pasien yang sulit mengakses rumah sakit. Nantinya, pasien yang sakit akan dibawa dengan ambulans untuk dirujuk ke rumah sakit besar apabila memiliki penyakit berat. Jika sakit ringan, pasien akan ditangani oleh dokter yang bersiaga di mobil klinik dari PDIP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement