Rabu 24 Aug 2022 15:17 WIB

Mahasiswa Universitas BSI Kampus Purwokerto Buat Aplikasi Hybrid Learning untuk Sekolah

Mahasiswa Universitas BSI kampus Purwokerto buat aplikasi belajar bernama Siberhyl.

Mahasiswa Universitas BSI kampus Purwokerto buat aplikasi belajar bernama Siberhyl .
Foto: UBSI
Mahasiswa Universitas BSI kampus Purwokerto buat aplikasi belajar bernama Siberhyl .

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Mahasiswa harus bisa menyelesaikan tugas akhir atau skripsi mereka sebagai syarat kelulusan di sebuah universitas. Dalam pengerjaannya, tugas akhir biasanya merujuk pada pengadaan solusi dari masalah yang ada di masyarakat.

Hal itu seperti yang dilakukan salah satu kelompok mahasiswa dari Prodi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) kampus Purwokerto. Mereka berhasil membuat aplikasi untuk sekolah.

Baca Juga

Didampingi dosen pembimbing Fabriyan Fandi Dwi Imaniawan, Riyadi Nur Firmansah perwakilan kelompok mahasiswa Universitas BSI kampus Purwokerto juga telah melakukan serah terima aplikasi berbasis web ini secara resmi kepada SMK Kesatrian Purwokerto. Serah terima dilakukan pada Kamis (18/8/2022) silam.

Serah terima tersebut turut dihadiri sejumlah staf Prodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Purwokerto dan juga guru-guru SMK Kesatrian Purwokerto. SMK Kesatrian Purwokerto merupakan sekolah yang terletak di Sokanegara, Purwokerto Timur, Banyumas.

Serah terima ini ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima aplikasi. Penandatanganan Riyadi selaku Ketua Kelompok mahasiswa yang melakukan penelitian dan membuat aplikasi dengan pihak SMK Kesatrian Purwokerto.

Riyadi menyampaikan nama program yang diserahkan adalah Sistem Informasi Berbasis Hybrid Learning (Siberhyl). Aplikasi ini nantinya diharapkan bisa menjadi pendukung sistem pembelajaran, baik secara daring maupun tatap muka, yang telah diberlakukan di SMK Kesatrian Purwokerto.

“Kami bahagia sekali karena proyek yang telah dibangun ini bisa dimanfaatkan oleh SMK Kesatrian Purwokerto dengan baik,” ujar Riyadi, Kamis (18/8/2022).

Fandi sebagai dosen pembimbing menyebut pihak kampus juga berbangga dengan hasil dari proyek tugas akhir mahasiswanya yang bermanfaat dan dapat digunakan di SMK Kesatrian Purwokerto. Perwakilan dari Wakil Ketua Kurikulum SMK Kesatrian Purwokerto, Lutfi Hayati, mengungkap rasa senangnya saat menerima aplikasi yang dihibahkan dari mahasiswa Universitas BSI kampus Purwokerto.

“Semoga aplikasi tersebut akan semakin membantu dalam kelancaran kegiatan belajar mengajar pada SMK Kesatrian Purwokerto,” kata Lutfi. 

Ketua Prodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Purwokerto Eva Argarini juga turut menyampaikan rasa bangganya terhadap kelompok yang dipimpin oleh Riyadi. “Kami ikut bangga dengan mereka yang telah membangun aplikasi Siberhyl sehingga dapat diimplementasikan langsung sebagai wujud mengembangkan kemampuan dan pemanfaatan teknologi,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement