Rabu 24 Aug 2022 14:42 WIB

OJK Dorong Generasi Muda Tingkatkan Literasi Keuangan

OJK menyelenggarakan program kejar prestasi generasi muda Indonesia

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyelenggarakan program kejar prestasi generasi muda Indonesia atau Kreasimuda Indonesia.
Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA FOTO
Ilustrasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyelenggarakan program kejar prestasi generasi muda Indonesia atau Kreasimuda Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyelenggarakan program kejar prestasi generasi muda Indonesia atau Kreasimuda Indonesia. Adapun kegiatan tersebut untuk mendorong agar setiap pelajar berusia di bawah 18 tahun memiliki minimal satu rekening tabungan bank.

Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar mengatakan kegiatan tersebut juga seiring dengan inklusi dan literasi keuangan. “Sembari kita melakukan inklusi keuangan, pelajar tadi sampai tingkat mahasiswa secara langsung juga bisa ikut dalam program literasinya,” ujarnya dalam keterangan tulis, Rabu (24/8/2022).

Menurutnya setiap pelajar perlu dibekali ilmu memperdalam pilihan produk keuangan yang dapat digunakan. Hal ini untuk mengurangi berbagai produk yang memberikan janji tidak benar.

“Produk yang seringkali memberikan janji yang menyesatkan dapat menimbulkan masalah ke depan. Cara yang paling baik menangkalnya untuk memperdalam pengetahuan terkait pilihan yang ada, bukan menutup diri,” ucapnya.

Dari sisi pelaku usaha, platform investasi digital OneSet berupaya meningkatkan pengetahuan literasi keuangan masyarakat dan membangun portofolio investor sejak dini. Adapun platform ini memberikan fitur komunitas NFT pertama di Indonesia dan juga one stop solution segala keperluan investasi masyarakat.

Presiden Direktur OneAset Breggy Anderson mengatakan, dengan berbagai fitur menarik, OneAset sebagai platform investment hub berkomitmen untuk memudahkan masyarakat dapat berinvestasi. "OneAset, kami ingin memenuhi kebutuhan investasi bagi kaum generasi muda dengan tampilan aplikasi yang bersahabat dan fun," ucapnya.

Menurutnya fokus OneAset untuk membangun sebuah ekosistem investasi dimana terdapat produk investasi, edukasi literasi keuangan, hingga manajemen keuangan dan komunitas investasi. "OneAset memberikan fitur Komunitas dimana para pengguna dan para influencer keuangan ternama dan terpercaya bisa saling berinteraksi dan berbagi ilmu, pengetahuan, serta bersaing dengan penawaran beragam produk finansial dan investasi terdepan mulai dari emas hingga NFT," ucapnya.

Adapun produk-produk yang tersedia dalam aplikasi OneAset mencakup produk emas digital. Sejak diluncurkan pada Maret 2022, transaksi jual beli produk emas sudah mencapai lebih dari Rp 600 miliar dan lebih dari 500 ribu pengguna telah bertransaksi aplikasi OneAset.

“Ini menjadikan aplikasi OneAset sebagai platform terkemuka perdagangan emas digital,” ucapnya.

Kemudian asuransi, yang bekerja sama dengan produk asuransi terkemuka. OneAset juga dipercaya sebagai penyedia Asuransi Siber Pribadi pertama di Indonesia. OneAset juga menghadirkan berbagai produk asuransi mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, kecelakaan, hingga asuransi unitlink.

"Lebih dari 150 ribu polis asuransi telah terjual dalam waktu tiga bulan sejak diluncurkan, memberikan perlindungan kepada pengguna lebih dari Rp 560 miliar," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement