Saturday, 13 Rajab 1444 / 04 February 2023

Nakes di Tasikmalaya Mulai Jalani Vaksinasi Booster Kedua

Senin 22 Aug 2022 17:20 WIB

Rep: bayu adji p/ Red: Hiru Muhammad

Polisi menggelar vaksinasi Covid-19 di Polres Tasikmalaya, Selasa (19/7/2022).

Polisi menggelar vaksinasi Covid-19 di Polres Tasikmalaya, Selasa (19/7/2022).

Foto: Dok. Polres Tasikmalaya
Meski jumlahnya tidak ditargetkan, nakes yang sudah memenuhi syarat segera vaksinasi.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya mulai melakukan vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua kepada para tenaga kesehatan (nakes). Pelayanan vaksinasi booster kedua kepada para nakes bahkan juga dilakukan di ruang publik.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Asep Hendra, mengatakan, pelaksanaan vaksinasi booster kedua untuk nakes telah dilaksanakan beberapa hari terakhir. Namun, belum banyak nakes yang melaksanakan vaksinasi booster kedua. "Kemarin sudah ada yang mencoba, tapi belum banyak. Baru tujuh orang nakes," kata dia saat dikonfirmasi Republika, Senin (22/8/2022).

Baca Juga

Ia menjelaskan, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya juga menyediakan layanan vaksinasi booster kedua untuk nakes di ruang publik pusat perbelanjaan Asia Plaza (AP). Pasalnya, tak semua fasilitas kesehatan (faskes) di Kota Tasikmalaya tersedia stok vaksin untuk booster. "Jadi nakes yang telah memiliki e-ticket untuk booster kedua dipersilakan langsung datang ke AP," ujar Asep.

Layanan vaksinasi booster kedua khusus nakes di AP diselenggarakan sejak Senin hingga Jumat (26/8/2022). Layanan vaksinasi itu tersedia sejak pukul 12.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Namun, berdasarkan pantauan Republika pada Senin sekitar pukul 14.00 WIB, belum ada satu orang pun nakes yang melaksanakan vaksinasi booster kedua di AP. Petugas vaksinasi justru lebih banyak melayani masyarakat umum yang hendak melaksanakan vaksinasi Covid-19.

Asep mengatakan, pihaknya sementara tak menargetkan cakupan vaksinasi booster kedua yang harus dicapai dalam rentang waktu tertentu. Namun, ia berharap nakes yang sudah memenuhi syarat vaksinasi booster kedua dapat segera melaksanakannya.

"Stok vaksin ada 400-600 orang. Kami harap semua nakes yang sudah booster pertama bisa datang untuk booster kedua," kata dia.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, total nakes yang berada di daerah itu berjumlah 4.001 orang. Namun realisasinya, sudah terdapat 5.191 orang nakes yang menjalani vaksinasi booster pertama.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA