Senin 22 Aug 2022 00:26 WIB

WIMT Touring Diplomasi Indonesia Lewat Otomotif

Tim WIMT telah menyelesaikan perjalanan sejauh hampir 4.300 kilometer di lima negara

Tampak peserta Wonderful Indonesia Motorbike Touring  ketika memasuki wilayah Vietnam
Foto: dok wimt
Tampak peserta Wonderful Indonesia Motorbike Touring ketika memasuki wilayah Vietnam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 menjadi kesempatan bagi Wonderful Indonesia Motorbike Touring (WIMT) 2022 Riders guna mempersiapkan penutupan kegiatan touring lintas lima negara yang diselenggarakan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Tim Wonderful Indonesia Motorbike Touring 2022 telah menyelesaikan perjalanan sejauh hampir 4.300 kilometer dan menempuh lima negara. Yaitu Malaysia, Thailand, Kamboja, Laos dan Vietnam. Perjalanan ini diselesaikan dalam 16 hari, dari tanggal 18 Juli hingga 2 Agustus 2022, dan diikuti  25 pengendara sepeda motor Indonesia. 

Baca Juga

"Kegiatan touring lintas negara ini WIMT 2022 merupakan lanjutan dari kegiatan sejenis yang telah sukses diselenggarakan IMI pada tahun 2019 lalu menjadi sarana touring diplomasi yang efektif dalam menduniakan Indonesia melalui otomotif," ujar Bambang Soesatyo, Ketua Umum IMI dalam keterangan tertulisnya, Ahad (21/8/2022).

Direktur IMI Mobilitas Sepeda Motor, Joel D. Mastana, didaulat menjadi Ketua Penyelenggara kegiatan yang dimulai sejak tahun 2019 dan baru dilanjutkan pada tahun 2022 karena pandemi Covid-19. “Tahun ini kami dapat meneruskan mengadakan WIMT yang ke-2 dengan misi mempromosikan pariwisata dan produk otomotif UMKM Indonesia ke dunia internasional serta menjalin silaturahmi dengan komunitas sepeda motor internasional,” kata Joel D. Mastana. 

“Selain itu, kami juga memperkenalkan penggunaan Carnet CPD (Carnet De Passages En Douane) atau paspor mobil atau motor yang penting dalam menggunakan kendaraan melintasi berbagai negara penerima Carnet. Indonesia melalui IMI merupakan salah satu negara yang dapat mengeluarkan Carnet,” papar Joel.

Kegiatan touring lintas negara dengan tagline Otomotif Indonesia mendunia ini  dilaksanakan bekerja sama dengan Anpreso Intenasional, dengan Ketua Pelaksana Bernard Santony. "Kegiatan ini menunjukkan biker Indonesia terlatih dengan baik dalam berkendara sehingga dapat menuntaskan perjalanan lebih dari 4.000 KM tanpa kesulitan berarti, serta menunjukkan kepedulian biker Indonesia terhadap pariwisata dan UMKM otomotif Indonesia, " kata Bernard, yang juga adalah seorang biker senior. 

WIMT 2022 dilaksanakan dengan dukungan Kementerian Koperasi dan UMKM Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan, TNI AD, KBRI Kuala Lumpur, KJRI Penang, KJRI Songkhla, KBRI Bangkok, KBRI Pnom Penh, KBRI Laos dan KBRI Hanoi. Di setiap negara, WIMT 2022 yang didukung oleh Solstice Energy Services, KAI Logistics, I Love Riding, JNE, Bank Bukopin dan Triumph Motorcycles ini akan memperkenalkan daerah sport tourism Indonesia seperti Labuan Bajo, Danau Toba, Bali, dan lainnya. 

Melalui pengenalan produk pariwisata dan UMKM Otomotif Indonesia, para pengusaha otomotif dan biker negara sahabat dapat mengenal potensi Indonesia dengan lebih baik, serta semakin membuka kesempatan produk Indonesia berjaya di dunia internasional. “Kami berharap ini hanya permulaan, dan pariwisata dan UMKM Otomotif Indonesia dapat semakin maju,” tutur Bernard.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement