Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Menunjang Kelancaran Logistik Luar Jawa Lewat Part Depo

Ahad 21 Aug 2022 14:47 WIB

Rep: eric iskandarsjah z/ Red: Hiru Muhammad

Tampak stan pameran Isuzu di GIIAS 2022

Tampak stan pameran Isuzu di GIIAS 2022

Foto: istimewa
Kehadiran depo ini guna untuk menekan durasi pengiriman spare part yang dibutuhkan.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG--Wilayah di luar Jawa kerap mengalami keterlambatan dalam hal pengiriman barang. Selain karena jaraknya yang jauh, hal itu juga disebabkan oleh ketersediaan spare part kendaraan yang minim sehingga kendaraan logistik yang sedang dalam perbaikan membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih lama.

Hal itu pun disadari oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI). Aftersales Business, Inventory & Logistic Division Head IAMI, Budhi Prasetyo mengatakan, Isuzu mencoba menjawab persoalan itu lewat peluncuran inovasi layanan purna jual untuk konsumen Isuzu di wilayah Indonesia bagian timur dengan menghadirkan Part Depo di Makassar, Sulawesi Selatan.

Baca Juga

"Kehadiran depo ini dimaksudkan untuk menekan durasi pengiriman spare part yang dibutuhkan konsumen. Tanpa fasilitas ini, kebutuhan part di wilayah tersebut baru bisa terpenuhi dalam waktu satu hingga tiga pekan," kata Budhi dalam peluncuran Part Depo Isuzu yang digelar di GIIAS 2022 beberapa waktu lalu.

Dengan adanya fasilitas ini, maka kebutuhan spare part bisa dipenuhi dalam waktu satu hari hingga dalam sepekan saja. Tentu, hal ini akan memberikan dampak positif karena kendaraan konsumen tak harus berhenti beroperasi dalam waktu yang lama.

Part Depo sendiri merupakan sebuah lokasi penyimpanan spare part yang nantinya akan didistribusikan kepada customer melalui dealer, bengkel dan part shop. Aspek kecepatan pengiriman spare part pun dipersiapkan dengan baik karena Isuzu bekerja sama dengan PT JNE sebagai rekan untuk membangun ekosistem ini.

Selain Isuzu, hal serupa juga dilakukan oleh Hino. Untuk meningkatkan ketersediaan suku cadang yang cepat di area Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan, Hino telah meresmikan depo suku cadang terbaru yang terletak di Sampit Kalimantan Tengah.

Presiden Direktur PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), Masato Uchida mengatakan, depo ini merupakan salah satu rantai distribusi suku cadang Hino untuk customer setia yang berada di kawasan Kalimantan Tengah seperti Sampit, Pangkalan Bun, Palangkaraya. Selain itu part depo ini turut memasok kebutuhan untuk area Kalimantan Barat mulai dari Pontianak, Ketapang, Singkawang, Sintang, Sanggau. Hingga ke Kalimantan Selatan, seperti Banjarmasin, Batulicin, Rantau, hingga Sungai Danau.

“Kami berkomitmen untuk mendekatkan diri ke customer. Untuk itu kami memperpendek rantai distribusi suku cadang ke customer setia kami di area Kalimantan karena dengan adanya part depo terbaru ini rata-rata pengurangan lead time pengiriman hingga 5 hari," kata Masato Uchida.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA