Ahad 21 Aug 2022 01:37 WIB

Relawan Pendukung Ganjar Dorong Siswa Siap Kerja di Era Digital

Relawan Ganjar gelar Lomba Kejuruan Siswa (LKS)

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan
Relawan Sahabat Ganjar (ilustrasi)
Foto: Dok. Gim
Relawan Sahabat Ganjar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Relawan pendukung Ganjar Pranowo mengadakan Lomba Kejuruan Siswa (LKS) untuk mengukur kemampuan kompetensi siswa SMK Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Kompetisi digelar sebagai bentuk sarana penyalur talenta serta kreatifitas siswa.

 

Baca Juga

Kompetisi juga diadakan untuk memberikan wadah keterampilan khusus dan pengetahuan tentang dunia industri kepada siswa sebagai bekal untuk memperoleh pekerjaan. Sekaligus untuk memotivasi dan menginspirasi para pemerhati pendidikan menengah kejuruan.

 

"Kompetisi ini juga bertujuan agar seluruh insan khususnya siswa SMK TKJ yang berkecimpung di dunia pelatihan kejuruan semakin menyadari pentingnya mengetahui perkembangan kebutuhan keahlian atau kompetensi yang spesifik guna memenuhi era digitalisasi," kata Ketua DPW Sahabat Ganjar Sumatera Selatan, Wachid Sugiharto dalam keterangan, Sabtu (20/8).

 

Dia menjelaskan, LKS mengangkat tema "Mempersiapkan Kompetisi SDM yang Berdaya Saing pada Era 5.0" ini diadakan di Palembang. Dia mengatakan, peserta sekaligus disiapkan untuk dunia kerja dan dapat berprestasi di tingkat nasional maupun ke tingkat internasional.

 

Menurutnya, para pemuda perlu didukung untuk tidak hanya memiliki karakter kerja yang baik. Namun juga memiliki jiwa kompetisi sesuai standar kompetensi tingkat nasional maupun internasional.

 

"Melalui ajang ini saya merasa bangga melihat talenta muda Indonesia khususnya di Sumatera Selatan yang bersemangat menjadi penerus bangsa kita semua," katanya.

 

Sahabat Ganjar telah menyiapkan hadiah berupa piala, sertifikat dan uang tunai dengan total hadiah mencapai Rp 15 juta. Salah satu peserta LKS Sahabat Ganjar, Neza Fariska mengaku termotivasi sambil menambah pundi-pundi ilmu kepada seluruh peserta melalui ajang ini.

 

"Lomba banyak menambah ilmu dan pengalaman bagi saya dan teman-teman semua. Saya harap seluruh teman-teman melalui lomba ini bisa terus mengasah diri agar dapat membentuk jiwa penerus bangsa yang api," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement