Ahad 21 Aug 2022 02:35 WIB

Ilmuwan Ungkap Cara Sederhana Mendegradasi Forever Chemicals

Molekul PFAS dengan cepat ‘hancur’ di bawah serangkaian kondisi ringan tertentu.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Kondisi aliran air sungai yang berbusa di kali Cipinang, Banjir Kanal Timur,Jakarta, Jumat (30/8). Tim ilmuwan telah menemukan cara sederhana dan berenergi rendah untuk memecah salah satu kelompok terbesar ‘Forever Chemicals’ atau zat kimia abadi.
Foto: Republika/Prayogi
Kondisi aliran air sungai yang berbusa di kali Cipinang, Banjir Kanal Timur,Jakarta, Jumat (30/8). Tim ilmuwan telah menemukan cara sederhana dan berenergi rendah untuk memecah salah satu kelompok terbesar ‘Forever Chemicals’ atau zat kimia abadi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim ilmuwan telah menemukan cara sederhana dan berenergi rendah untuk memecah salah satu kelompok terbesar ‘Forever Chemicals’ atau zat kimia abadi. Ini adalah polutan jahat yang telah dikaitkan dengan kerusakan lingkungan dan masalah kesehatan manusia.

Sementara aplikasi praktis masih jauh, para ilmuwan kagum dengan potensi teknik baru ini. Dilansir dari Sciencealert, Jumat (19/8/2022), dalam simulasi terperinci, molekul PFAS, bahan kimia sintetik rantai panjang dengan iklan karbon-fluorin yang begitu kuat sehingga dianggap tidak mungkin pecah tanpa banyak usaha, dengan cepat ‘hancur’ di bawah serangkaian kondisi ringan tertentu.

Baca Juga

“Pengetahuan mendasar tentang bagaimana bahan-bahan ini terdegradasi mungkin adalah satu-satunya hal terpenting yang keluar dari penelitian ini,” kata William Dichtel, seorang profesor kimia di Universitas Northwestern, dalam konferensi pers.

Sejauh ini, para peneliti telah menunjukkan metode mereka menurunkan satu kelas utama bahan kimia PFAS (perfluoroalkyl), yang mengandung asam karboksilat dan disingkat PFCA. Semua PFAS terkenal. Sifat penolak air dan lemaknya menjadikannya agen anti lengket dan anti air yang efektif, tetapi juga kontaminan lingkungan yang sangat persisten yang telah masuk ke dalam darah kita.

Mengingat risiko kesehatan yang diketahui dari paparan kronis terhadap senyawa PFAS tingkat rendah, dan banyak penelitian yang mendeteksi kontaminasi PFAS pada tingkat yang tidak aman dalam sumber air, telah ada upaya untuk mengembangkan serangkaian teknik untuk menyaring PFAS dari air minum dengan berbagai keberhasilan. Tetapi bahan kimia PFAS (tidak mengejutkan) tetap utuh setelah penyaringan dan ada beberapa pilihan untuk cara membuangnya. 

Mengingat suhu yang cukup tinggi, mereka akan rusak. Tapi ini mahal, dan berisiko menyebarkan kontaminan lebih jauh.

Penelitian baru, yang dipimpin oleh ahli kimia bahan Northwestern University Brittany Trang, secara radikal dapat mengubah itu. Tim mengembangkan proses berenergi rendah yang mendegradasi bahan kimia PFAS pada suhu ringan, menggunakan reagen murah dan hanya menyisakan molekul yang mengandung karbon dan ion fluorida yang tidak berbahaya.

Studi ini “memberikan wawasan tentang bagaimana senyawa yang tampaknya kuat ini dapat mengalami dekomposisi hampir lengkap di bawah kondisi ringan yang tidak terduga,” tulis Shira Joudan, seorang peneliti kimia lingkungan di York University, dan sesama ahli kimia Rylan Lundgren dari University of Alberta, dalam artikel perspektif yang menyertai penelitian ini. Tak satu pun dari penulis perspektif terlibat dalam penelitian ini.

"Mudah-mudahan, temuan mendasar dari Trang dkk. dapat digabungkan dengan penangkapan PFAS yang efisien dari lokasi lingkungan yang terkontaminasi untuk memberikan solusi yang mungkin untuk masalah kimia selamanya."

Itu mungkin lebih sulit dari yang seharusnya. Bahan kimia abadi tampaknya ada di mana-mana. Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA) telah berulang kali merevisi pedomannya tentang apa yang dianggapnya sebagai tingkat 'aman' dari kontaminasi PFAS, karena zat PFAS ternyata lebih berbahaya daripada yang diperkirakan regulator (atau mengakuinya).

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement