Sabtu 20 Aug 2022 20:15 WIB

Relawan: Peluang Pasangan Ganjar-Erick di 2024 Semakin Terbuka

Sosok Ganjar Pranowo dan Erick Thohir patut diperhitungkan dalam Pilpres 2024.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Nidia Zuraya
Menteri BUMN, Erick Thohir bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam sebuah kesempatan bersama beberapa waktu lalu.
Foto: dok. Istimewa
Menteri BUMN, Erick Thohir bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam sebuah kesempatan bersama beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Spekulasi dan skenario pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden tahun 2024 mulai bermunculan dari berbagai lembaga survey. Salah satu pasangan yang muncul adalah Ganjar Pranowo dan Erick Thohir.

Relawan pendukung Ganjar-Erick mengungkapkan, hasil dari berbagai lembaga survey ini elektabilitas pasangan tersebut berada di posisi tertinggi. Pasangan ini dapat bersaing dengan duet Anies Baswedan-AHY, Prabowo-Muhaimin dan Puan Maharani-Andika Perkasa.

Baca Juga

"Ganjar maupun Erick memiliki kans cukup besar untuk memenangkan pertarungan nanti. Keduanya memiliki basis massa ril di akar rumput," kata ketua Relawan Sahabat Ganjar-Erick (SGE), Andi dalam keterangan, Sabtu (20/8/2022).

Dia menilai bahwa sebagai seorang Gubernur dan Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memiliki akar rumput yang kuat. Sedangkan Erick Tohir memiliki kinerja yang bagus sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Jika keduanya dipadukan ini akan menjadi pasangan Capres Cawapres yang patut diperhitungkan di Pilpres 2024, karena keduanya bisa saling mengisi satu sama lain," katanya.

Menurutnya, peluang pasangan Ganjar-Erick juga semakin jelas. Dia nengatakan, kedekatan dan kekompakan Ganjar Pranowo dan Erick Tohir juga tampak terlihat di akun tiktok @ericktohir, dimana keduanya tampak akrab denga Gestur yang tidak dibuat buat.

"Ya kalau dilihat di akun tiktoknya asik kok, akrab gak dibuat buat kekompakannya," katanya.

Sebelumnya, Pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Hotman Siahaan menilai sosok Ganjar dan Erick patut diperhitungkan dalam Pilpres 2024. Menurutnya, hal ini bukan tanpa alasan karena elektabilitas keduanya sangat tinggi di berbagai lembaga survey.

Dia mengungkapkan, pasangan tersebut juga memiliki elektabilitas tinggi dibandingkan pasangan capres cawapres lainnya dalam survei yang dilakukan oleh Charta Politika. Keduanya bersaing dengan Prabowo-Muahaimin Iskandar begitu juga dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto-Ridwan Kamil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement