Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

37 PTS dari Sabang sampai Merauke Launching MBKM Mandiri 

Sabtu 20 Aug 2022 11:48 WIB

Red: Muhammad Hafil

37 PTS dari Sabang sampai Merauke Launching MBKM Mandiri 

37 PTS dari Sabang sampai Merauke Launching MBKM Mandiri 

Foto: Dok Republika
37 PTS gelorakan Merdeka Belajar.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) bersama konsorsium 37 perguruan tinggi Kristen yang tergabung dalam koordinasi Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia (BKPTKI) menggelar festival nasional  Gelora Merdeka Belajar 2022. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah III, Dr Ir Paristiyanti Nurwardani, di Auditorium Ukrida, Jumat (19/8/2022). 

Acara ini diikuti oleh lebih dari 1200 peserta mahasiswa dan pimpinan perguruan tinggi dari seluruh Indonesia yang dilakukan secara hybrid, menghadirkan para praktisi, akademisi dan pakar dalam bidang Literasi Manusia, Digital dan Teknologi. 

Baca Juga

Dalam sambutan pembukaan, Kepala LLDikti memberikan apresiasi pada Ukrida yang telah berperan aktif menginisiasi pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mandiri. Salah satunya lewat pertukaran mahasiswa sebagai salah satu bentuk BKP MBKM dengan misi saling membantu meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU) nomor 2 dari Perguruan Tinggi Swasta yang tergabung dalam konsorsium ini, di wilayah 3T. 

"Festival Nasional Gelora Merdeka Belajar 2022 ini adalah yang pertama dilaksanakan di Indonesia dan diselenggarakan secara mandiri oleh konsorsium Perguruan-Perguruan Tinggi.  Semoga berdampak  dalam pelaksanaan MBKM di seluruh Indonesia," ujar Paristiyanti.

Wakil Rektor I Ukrida sekaligus ketua Badan Kooordinasi Akademik, Penelitian, Pengandian Kepada Masyarakat Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia,

Dr. Lidia Sandra, M.Comp.Eng.Sc, mengatakan, Literasi Manusia, Digital dan Teknologi menjadi tiga hal penting yang diangkat dalam Festival Nasional Gelora Merdeka Belajar 2022. Hal itu mengingat saat ini kita memasuki era yang sangat sulit diprediksi.  

"Ketiga literasi ini memegang peran kunci untuk mempersiapkan mahasiswa kita di masa depan," ujar Lidia. 

Dengan tagline 'Lead to Impact', Lidia Sandra menyampaikan bahwa misi Ukrida bersama BKPTKI adalah terus berkolaborasi saling memajukan Perguruan Tinggi di Indonesia dalam implementasi MBKM dan peningkatan IKU Perguruan Tinggi. 

Dalam Festival Gelora Merdeka Belajar ini, diluncurkan juga secara resmi portal MBKM Mandiri- Pertukaran Mahasiswa antar 37 PTS. Program pertukaran mahasiswa di 37 PTS ini akan dimulai akhir Agustus 2022. 

"Untuk program pertukaran mahasiswa ini, pihak konsorsium telah menyiapkan LMS pendaftaran bagi mahasiswa yang ingin bergabung," lanjut Lidia. 

Panel diskusi dalam kegiatan Gelora Merdeka Belajar 2022 ini menghadirkan pembicara kunci,, Hermawan Kartajaya. Dikenal sebagai bapak marketing Indonesia, Hermawan  Kartajaya hadir secara langsung membawakan makalah berjudul Human 5.0 : Upon People, Digital and Technology.  

Hermawan Kartajaya berpesan bahwa sudah seharusnya semua insititusi termasuk Perguruan Tinggi membentuk Human 5.0 dengan keterampilan Creativity, Innovation, Entrepreneurship dan Leadership. 

Antusiasme para peserta  tak bergeser sedikitpun walaupun acara berlangsung sangat padat sejak pagi hingga sore hari. Acara lainnya adalah  talkshow bertajuk pandangan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) tentang MBKM. Talkshow dikemas menarik  dengan berbagai tips bagi mahasiswa dan kampus di era society 5.0 ini.

Menutup festival, ditayangkan theme Song Gelora Merdeka Belajar yang dengan gempita menyuarakan 'Bersama kita Nyalakan, Gelombang Raya Merdeka Belajar, Merdeka Belajar Kampus Merdeka Menuju Indonesia Jaya'.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA