Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Ikut Joget Saat Upacara Kemerdekaan di Istana, KSAL Akui Menikmati Musik

Sabtu 20 Aug 2022 07:25 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Muhammad Fakhruddin

Penari membawakan tarian Lumense dari Sulawesi Tenggara sebelum Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022). HUT ke-77 RI tersebut mengangkat tema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Penari membawakan tarian Lumense dari Sulawesi Tenggara sebelum Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022). HUT ke-77 RI tersebut mengangkat tema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Foto: ANTARA FOTO/POOL/Sigid Kurniawan
Saat upacara bendera berlangsung, seluruh tamu undangan mengikuti dengan serius.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono merespons terkait aksinya berjoget usai upacara HUT ke-77 RI di Istana Negara pada 17 Agustus 2022 lalu. Yudo mengatakan, ia ikut bergoyang lantaran melihat para tamu undangan yang hadir juga melakukan hal serupa.

"Karena saya melihat yang lain joget, ya (saya) ikut joget saja," kata Yudo di geladak heli KRI Semarang-594, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (19/8/2022).

Baca Juga

Yudo mengatakan, saat upacara bendera berlangsung, seluruh tamu undangan mengikuti dengan serius. Namun, ketika momen penyanyi cilik, Farel Prayoga mengisi acara itu dengan membawakan lagu berjudul 'Ojo Dibandingke', suasana menjadi 'cair' dan para tamu larut dalam alunan musik hingga mulai berjoget.

"Waktu upacara kan semua pada tegang, harus serius semuanya. Nah, pas selesainya (upacara) ternyata ada si Farel nyanyi, saya lihat semuanya pada joget, ya kita joget juga. Kita nikmati kan joget itu," jelas Yudo.

Jenderal bintang empat ini mengaku bahwa ia menikmati musik tersebut. Sehingga dia juga ikut berjoget.

"Menikmati, kan memang disuruh menikmati, joget. Wong (kan) disuruh menikmati, mosok kita masih stres terus," ucapnya.

"Jadi yang stres biar Wakasal saja karena (upacara) di dalam laut kan. Kita yang menikmati di sana (Istana Negara)," guyon Yudo sambil terkekeh. Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya Ahmadi Heri Purnomo yang berdiri di belakang Yudo pun ikut tertawa mendengar hal tersebut. Saat perayaan HUT ke-77 RI, Heri memang bertugas memimpin pengibaran bendera merah putih di bawah laut, tepatnya di perairan Pulau Putri, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Adapun momen Yudo yang tengah berjoget sempat tertangkap kamera televisi. Ia terlihat begitu luwes bergoyang sambil menggerakkan tangan kanannya keatas dan kebawah, seolah menyerupai deru ombak.

Selain Yudo, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang duduk bersebelahan juga ikut bergoyang. Bahkan sejumlah menteri yang hadir tampak tak malu meninggalkan kursinya dan ikut bergoyang.

Salah satunya, yakni Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto yang ikut menyemarakan susana dengan goyangan khasnya. Diikuti beberapa menteri lainnya, seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, serta Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki.

Ibu Negara, Iriana Joko Widodo yang mengenakan pakaian adat Buton juga tampak ikut bergoyang di tempatnya duduk. Sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berada di samping Iriana, terlihat sesekali berdiri, lalu duduk kembali dan tertawa saat mendengar lirik lagu tersebut diganti namanya menjadi 'hanya ada Pak Jokowi'.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA