Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Perusahaan Ini Jadi Pemilik Baru IP Lord of The Rings Hingga The Hobbit

Jumat 19 Aug 2022 22:08 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda

Film The Lord Of The Rings: The Return of the King. perusahaan game asal Swedia bernama Embracer kini menjadi pemilik IP semua karya JRR Tolkien.

Film The Lord Of The Rings: The Return of the King. perusahaan game asal Swedia bernama Embracer kini menjadi pemilik IP semua karya JRR Tolkien.

Foto: New Line Cinema
Middle Earth Enterprises diakuisisi raksasa video game asal Swedia, Embracer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Middle Earth Enterprises telah dijual ke sebuah perusahaan game asal Swedia bernama Embracer. Semua karya JRR Tolkien, termasuk Lord of the Rings hingga The Hobbit, pun beralih kepemilikan intellectual properties (IP) alias hak kekayaan intelektualnya.

Kini, Embracer bisa memanfaatkan film, buku, produksi teater, permainan video, taman hiburan, dan barang dagangan lainnya dalam karya sastra paling terkenal Tolkein, Lord of the Rings dan The Hobbit. Raksasa video game itu juga memiliki "matching rights" dalam karya sastra lain yang terkait dengan Middle Earth dan disetujui oleh Tolkien Estate dan HarperCollins, terutama The Silmarillion dan The Unfinished Tales of Numenor and Middle-Earth, dua kompilasi yang diterbitkan setelah kematian penulis pada 1973.

Baca Juga

Pada Februari 2022, Variety secara eksklusif mengungkapkan bahwa pemilik sebelumnya, Saul Zaentz Co, ingin menjual perusahaan tersebut. Hak itu akan dipegang anak perusahaan bernama Embracer Freemode.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA