Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

Rekomendasi Sayuran untuk Penderita Diabetes

Sabtu 20 Aug 2022 05:10 WIB

Rep: Mg136/ Red: Gita Amanda

Diabetes (ilustrasi). Sejumlah sayuran baik untuk para penderita diabetes terutama yang memiliki indeks glikemik rendah.

Diabetes (ilustrasi). Sejumlah sayuran baik untuk para penderita diabetes terutama yang memiliki indeks glikemik rendah.

Foto: Essential Health Info
Sayuran yang tumbuh di atas tanah seringkali rendah karbohidrat

REPUBLIKA.CO.ID, Meskipun semua sayuran bermanfaat bagi manusia, apakah ada sayuran tertentu yang bermanfaat bagi penderita diabetes? Diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 adalah dua jenis penyakit yang berbeda. Hormon insulin, yang diproduksi di pankreas dan bertugas membantu tubuh kita dalam menggunakan glukosa (gula) untuk energi dan mengendalikan kadar gula darah, terhubung dengan keduanya.

Beberapa sayuran yang sehat untuk penderita diabetes, jadi mana yang harus dihindari, dan bagaimana dapat dengan mudah menambahkan lebih banyak sayuran ke dalam makanan:

Sertakan sayuran ini dalam diet diabetes Anda

Dr Tariq Mahmood, seorang dokter dan direktur medis di Concepto Diagnostics, menyarankan penderita diabetes untuk berpikir mengkonsumsi banyak makanan nabati.

Meskipun menerapkan pola makan vegetarian bukanlah obat langsung untuk diabetes, namun penderita diabetes mungkin akan mendapatkan banyak manfaat kesehatan.

Karena jumlah karbohidrat yang dikonsumsi memiliki dampak terbesar pada kadar glukosa darah, diet sangat penting untuk mengelola diabetes. Dilansir dari ulasan yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition, diet rendah karbohidrat dapat membantu penderita diabetes karena secara konsisten menurunkan kadar glukosa darah tinggi dan telah terbukti mengurangi atau bahkan menghilangkan kebutuhan obat-obatan.

Sayuran yang tumbuh di atas tanah seringkali rendah karbohidrat, sedangkan yang tumbuh di bawah tanah cenderung lebih tinggi karbohidrat. Ada beberapa pengecualian, seperti labu madu yang tumbuh di atas tanah tetapi cukup tinggi karbohidrat.

Selain itu, labu musim panas bermanfaat bagi penderita diabetes karena mengandung lebih sedikit karbohidrat.

Sayuran berikut ini, menurut Dr. Deborah Lee dari Dr. Fox Online Pharmacy, paling baik untuk penderita diabetes:

- Sayuran berdaun hijau, seperti kubis, sayuran hijau, brokoli, kubis brussel, bayam dan kangkung

- Asparagus

- Kacang hijau

- Terong

- Paprika

- Seledri

- Jamur

- Kacang-kacangan, seperti buncis , lentil dan kacang-kacangan

- Tomat

- Bawang

- Mentimun

“Meskipun sayuran segar cenderung memiliki nilai gizi terbaik, sayuran kaleng dan beku juga bergizi tinggi dan merupakan alternatif yang sangat baik,” tambah Lee.

Cara mudah untuk menambahkan lebih banyak sayuran ke dalam diet

1. Jika Anda tidak menyukai tekstur sayuran utuh, campurkan sayuran menjadi saus.

2. Biasakan makan sayuran sebagai camilan dengan mengganti keripik berkarbohidrat tinggi, seperti paprika, seledri atau mentimun dan celupkan dengan saus berbasis kacang-kacangan seperti hummus.

3.Jika makanan terlalu hambar, tambahkan warna ke piring Anda dengan mengukus beberapa kacang hijau, asparagus, atau brokoli sebagai lauk.

Bagaimana diet dapat membantu mengelola diabetes?

Dilansir Live Science, dalam makalah yang diterbitkan di jurnal Medical Clinics of North America, mempertahankan konsumsi kalori dan karbohidrat yang konsisten dapat membantu manajemen diabetes. Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal medis komunitas Ceko Vnitrn Lékarstv menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat efektif dalam mengobati obesitas, sindrom metabolik, diabetes, dan pra-diabetes.

Analisis mengungkapkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat menyebabkan penurunan berat badan, dosis obat yang lebih rendah, dan dalam beberapa kasus remisi diabetes tipe 2 bila dikonsumsi di bawah pengawasan medis.

Sayuran dengan indeks glikemik rendah sangat baik untuk penderita diabetes dan orang lain yang berisiko terkena diabetes, menurut Mahmood. Termasuk buah-buahan, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian dalam diet Anda akan membantu mengurangi kemungkinan Anda terkena diabetes tipe 2.

“Asupan protein nabati yang moderat juga dikaitkan dengan penurunan risiko, sementara asupan protein hewani yang tinggi dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi. Orang yang hidup dengan diabetes harus menghindari sayuran dengan peringkat indeks glikemik tinggi, karena tubuh menyerap gula darah dari makanan tersebut lebih cepat dibandingkan dengan makanan rendah indeks glikemik. Ini termasuk artichoke, asparagus, brokoli, seledri, kembang kol, terong/terong, kacang hijau, selada, paprika, kacang polong dan bayam,” ujar Lee.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA