Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Yuk Kenali Profesi Product Manager dan Tanggung Jawabnya!

Jumat 19 Aug 2022 09:23 WIB

Red: Christiyaningsih

Product manager bertanggung jawab pada pengembangan dan keberhasilan produk.

Product manager bertanggung jawab pada pengembangan dan keberhasilan produk.

Foto: Freepik
Product manager bertanggung jawab pada pengembangan dan keberhasilan produk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perusahaan dapat meraih sukses salah satunya karena mampu menghasilkan produk yang baik dan disukai banyak konsumen. Profesi product manager mungkin terdengar asing bagi kamu yang tidak terlalu mengenal dunia startup.

Product manager merupakan profesi yang bertanggung jawab terhadap pengembangan dan keberhasilan sebuah produk. Seorang product manager bertugas mengembangkan produk, menyusun strategi, mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, dan mengelola tim agar semua berjalan sesuai rencana.

Baca Juga

Menurut Marty Cagan dari Silicon Valley Product Group dalam bukunya yang berjudul Inspired, pekerjaan seorang product manager adalah untuk menemukan suatu produk yang bernilai, dapat digunakan, dan layak. Product manager bertanggung jawab pada kesuksesan produk dan memimpin tim lintas fungsi atau beberapa tim dengan tugas berbeda yang bertanggung jawab untuk memperbarui produk tersebut.

Terdapat tiga aspek yang harus diperhatikan oleh seorang product manager yaitu bisnis, user experience, dan teknologi. Coba bayangkan saat suatu produk akan diluncurkan, tim teknisi akan fokus meluncurkan produk terbaik dan terus melakukan pengembangan produk.

Sedangkan tim bisnis (keuangan, pemasaran, dan lainnya) ingin keuntungan maksimal dalam waktu singkat. Di sisi lain, komplain dari pelanggan terus berdatangan. Di sinilah peran seorang product manager dibutuhkan untuk mengoordinasikan ketiga aspek tersebut.

Profesi ini memiliki tanggung jawab yang bervariasi, tergantung pada produk apa yang sedang dikerjakan di tempat kerja. Berikut beberapa tanggung jawab product manager :

1. Merumuskan strategi dan roadmap dari suatu produk.

2. Bertemu dengan pelanggan dan klien untuk menentukan persyaratan produk.

3. Merinci spesifikasi produk.

4. Mengembangkan produk bersama dengan tim lain seperti pada bagian finance, engineering, marketing, dan lain sebagainya.

5. Memantau performa suatu produk dan melakukan pembenahan dari produk tersebut.

Ketua Program Studi Teknik Elektro Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) Suryanto mengatakan seorang product manager memiliki tanggung jawab untuk merencanakan dan mengembangkan suatu produk. “Dalam merancang produk, profesi ini harus memikirkan daya tarik untuk suatu produk. Analisis data penjualan juga diperlukan untuk mengetahui tren, ciri khas produk, dan permintaan konsumen,” ujar Suryanto, Selasa (9/8/2022).

Menurutnya, jika tertarik untuk berkarier sebagai product manager maka bisa melanjutkan perkuliahan di Universitas BSI dengan memilih Prodi Teknik Elektro. “Universitas BSI sudah membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) dan sekarang sudah gelombang 6, terhitung sejak 4 Agustus hingga 1 September 2022 nanti,” katanya.

Calon mahasiswa cukup melakukan pendaftaran dengan mengunduh aplikasi PMB-UBSI di Play Store secara gratis atau melalui website https://bsi.pmbonline.id/.

“Universitas BSI juga menyediakan pembayaran dengan sistem cicilan yang bekerja sama dengan aplikasi Danacita, sebesar Rp 600 ribuan saja per bulannya,” ujarnya. Prodi Teknik Elektro tersebar di beberapa lokasi kampus Universitas BSI seperti di Universitas BSI kampus Kramat 98, Universitas BSI kampus Salemba 22, dan Universitas BSI kampus Margonda.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA