Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Antisipasi Karhutla, BPBD Riau Siagakan 2 Helikopter Water Boombing di Dumai

Kamis 18 Aug 2022 19:48 WIB

Rep: Febrian Fachri / Red: Nur Aini

Helikopter melakukan water bombing di atas hutan yang terbakar, ilustrasi

Helikopter melakukan water bombing di atas hutan yang terbakar, ilustrasi

Foto: Antara/Budi Candra Setya
Dua helikopter water boombing untuk mengatasi Karhutla di Kabupaten Rokan Hilir

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau menyiagakan dua helikopter water boombing jenis MI 8 dan Kamov di Kota Dumai. Dua helikopter water boombing tersebut untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), yang merupakan tetangga Kota Dumai.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Riau, M Edy Afrizal, mengatakan helikopter water boombing itu perlu disiagakan di Kota Dumai, karena kebakaran di Kabupaten Rohil sering kali terjadi.

Baca Juga

"Kebakaran di Rohil ini sering terjadi, panas sedikit ada kebakaran. Makanya kita siagakan dua helikopter water boombing di Kota Dumai, agar penanggulangan kebakaran di Rohil bisa cepat dilakukan," kata Edy Afrizal, Kamis (18/8/2022).

Edy menduga kebakaran di Rohil sengaja dibakar untuk membuka kebun. Hal itu karena lahan yang terbakar merupakan lahan semak belukar dan lokasinya jauh dari permukiman warga.

Edy menyatakan, kasus kebakaran di Rohil itu sudah ditangani Satuan Tugas (Satgas) Penegakan Hukum (Gakkum), dan lokasi kebakaran juga sudah di Police Line.

"Kesulitan Satgas Gakkum itu untuk menindak pelaku akses kebakaran jauh, sehingga ketiga sampai di lokasi tidak ada orang lagi. Makanya untuk pemadaman kebakaran juga tidak bisa dilakukan Satgas Darat, harus menggunakan helikopter water boombing," ucap Edy.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA