Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

WNI di Thailand Turut Meriahkan HUT RI

Kamis 18 Aug 2022 23:55 WIB

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani

WNI turut mengikuti upacara Kemerdekaan RI di KBRI Bangkok, Thailand, Rabu (17/8/2022)

WNI turut mengikuti upacara Kemerdekaan RI di KBRI Bangkok, Thailand, Rabu (17/8/2022)

Foto: KBRI Bangkok
300 WNI peserta upacara memanfaatkan momentum HUT ke-77 RI untuk bersilaturahmi

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK - Warga Negara Indonesia (WNI) di Bangkok, Thailand dan sekitarnya mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di KBRI Bangkok pada Rabu (17/8/2022). Upacara ini merupakan rangkaian dari perayaan Agustusan kemerdekaan RI oleh KBRI Bangkok dalam dua bulan belakangan.

"Pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ini adalah ungkapan rasa syukur dan kegembiraan dalam memaknai Hari Kemerdekaan Indonesia serta untuk terus memupuk jiwa nasionalisme, khususnya masyarakat Indonesia yang berada di Thailand," ujar Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP, Rachmat Budiman selaku inspektur upacara, dalam keterangan persnya, Rabu.

Dubes Rachmat juga terus mengingatkan WNI di Thailand untuk bangkit bekerja dan berusaha menjadi lebih baik dalam beraktivitas sambil tetap menjaga diri. Hal ini sebagaimana motto perayaan HUT RI ke-77 Kemerdekaan Indonesia pada tahun ini yaitu "pulih lebih cepat bangkit lebih kuat."

Upacara dipimpin oleh pasukan paskibra yang terdiri dari 23 siswa dan siswi Sekolah Indonesia Bangkok (SIB). Suasana hening dan khidmat mengiringi upacara ditandai dengan bunyi sirine dan pemukulan gong.

Sekitar 300 WNI peserta upacara memanfaatkan momentum HUT ke-77 RI untuk saling bersilaturahmi. Rasa kekeluargaan dan keceriaan nampak terasa dalam pertemuan yang terdiri dari komunitas Indonesia Diaspora Network Thailand (IDN), Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Thailand (PERMITHA), Indonesia–Thai Chamber of Commerce (INTCC), dan organisasi keagamaan lainnya.

Atlet Hockey Nasional Indonesia yang telah mengikuti kejuaraan the 2022 Men’s and Women’s Indoor Asia Cup di Bangkok juga turut hadir. Sejumlah 28 orang delegasi Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) yang berasal dari Makassar juga mengikuti upacara tersebut.

Upacara peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan Indonesia adalah bagian dari rangkaian kegiatan KBRI Bangkok dalam merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini. Selama dua bulan sebelumnya, KBRI Bangkok dengan melibatkan partisipasi masyarakat Indonesia telah memulai kegiatan pertandingan olahraga seperti bola voli, bulu tangkis, tenis lapangan, tenis meja, memancing, gaple, catur, sepak bola, lomba anak dan bowling.

Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah syukuran, bazaar dan pesta rakyat yang akan diselenggarakan di KBRI Bangkok pada 20 Agustus 2022 mendatang. Pada kegiatan syukuran, bazar dan pesta rakyat akan dimeriahkan oleh aneka produk dan kuliner Indonesia serta pertunjukan antara lain tarian dan musik yang ditampilkan oleh masyarakat Indonesia di Thailand serta penampilan yang khusus didatangkan dari Jakarta.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA