Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

Reaksi Bani Israil Ketika Qarun Pamer Harta

Kamis 18 Aug 2022 14:00 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko

Danau Qarun

Danau Qarun

Foto: Blogspot.com
Qarun adalah salah satu manusia yang namanya disebutkan dalam Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Qarun adalah salah satu manusia yang namanya disebutkan dalam Alquran. Ia mendapatkan banyak karunia dari Allah SWT berupa harta kekayaan yang melimpah. Namun ia dilaknat Allah SWT karena sombong dan kufur akan harta kekayaan yang dimilikinya.

Qarun hidup pada zaman nabi Musa. Ia berasal dari golongan Bani Israil dan ia adalah sepupu nabi Musa. Namanya empat kali disebut dalam Alquran, yakni dua kali pada surat Al Qasas, satu kali pada surat Al Ankabut dam satu kali pada surat Al Ghafir. 

Terlepas dari kisah Qarun yang ditenggelamkan Allah SWT beserta hartanya ke dalam bumi. Ada ungkapan yang dikatakan oleh orang-orang yang menginginkan harta kekayaan  seperti yang dimiliki Qarun. Alquran menyebut orang-orang itu sebagai orang-orang yang menghendaki kehidupan dunia (aladzina yuriduna al hayata dunya). Ungkapan mereka itu diabadikan Alquran dalam surat Al Qasas ayat 79. 

Pakar tafsir Alquran yang juga pengasuh Pondok Pesantren Bayt Alquran-Pusat Studi Alquran ustaz Syahrullah Iskandar mengatakan ketika Qarun keluar mengenakan baju mewah, perhiasan, dan kuda-kuda serta pengawal dan menemui orang-orang atau pengikutnya yakni orang-orang Bani Israil. 

Diantara orang-orang yang melihat Qarun mengenakan harta kekayaannya itu adalah orang-orang yang menghendaki kehidupan dunia. Mereka berkata 'alangkah indahnya seandainya apa yang dimiliki qarun itu dapat kami miliki juga. Sesungguhnya qarun itu mendapatkan karunia yang sangat besar'.

"Jadi sebenarnya ini adalah harapan yang disampaikan oleh orang-orang yang tergoda gemerlap duniawi, ketika melihat Qarun dengan banyaknya harta yang dimiliki dan diperlihatkan itu, mereka juga menginginkan itu," kata ustaz Syahrullah dalam kajian kitab Min Wahyil Quran karya Syekh Yasin Muhammad Yahya di Masjid Bayt Alquran-Pusat Studi Alquran beberapa hari lalu. 

Ustaz Syahrullah menjelaskan Qarun senang memamerkan harta kekayaannya kepada orang lain. Ia kufur terhadap karunia yang telah Allah berikan. Sebab itulah Allah benamkan Qarun dan hartanya ke dalam bumi.

Setelah Qarun dan hartanya dibenamkan ke dalam bumi, orang-orang yang semula menginginkan memiliki kekayaan seperti Qarun tersadar dan menyesali apa yang telah mereka harapkan yakni harta kekayaan sejatinya dapat lenyap dalam sekejap. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA