Kamis 18 Aug 2022 13:45 WIB

Masuk Nominasi Rekor Dunia, Masjid Agung Nur Sultan Terbuka Bagi Umum

Masjid Agung Nur Sultan, memiliki salah satu pintu masjid terbesar di dunia.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Masjid Nursultan diklaim menjadi yang terbesar di Asia Tengara.
Foto: Caspian News
Masjid Nursultan diklaim menjadi yang terbesar di Asia Tengara.

REPUBLIKA.CO.ID,  NUR-SULTAN -- Sebuah masjid di Ibu Kota Kazakhstan, Nur-Sultan, dibangun atas prakarsa dan di bawah pengawasan khusus Nursultan Nazarbayev. Masjid ini diharapkan menjadi salah satu simbol baru dan daya tarik utama ibu kota.

Tempat ibadah ini memiliki peran yang sangat penting dalam menunjukkan persatuan dan persahabatan dari 130 kelompok etnis yang tinggal di Kazakhstan. Keberadaannya menjanjikan pengalaman luar biasa dengan teras pemandangannya yang luas.

Baca Juga

Nazarbayev, yang memeriksa arsitektur banyak tempat ibadah selama perjalanannya ke luar negeri dan meletakkan dasar untuk pembangunan masjid sehari sebelum ia meninggalkan Kepresidenannya, juga berpartisipasi dalam merancang bangunan itu. Oleh karena itu, desain masjid berasal dari pengalaman kolektif dunia Muslim.

Dilansir di Travel Daily News, Kamis (18/8/2022), beberapa bahan bangunan dari alam, seperti batu alam, marmer, daun emas, kristal khusus, kaca patri, ubin dan mosaik kaca, digunakan dalam proyek ini.

 

Ketua kontraktor utama Sembol Construction & Rixos Hotels, Fettah Tamince, telah mempelajari desain bangunan dengan seksama bersama para ahli dari Turki, negara-negara Arab, Italia, Jerman dan belahan dunia lainnya. Hal tersebut dilakukan karena masjid ini akan menggabungkan kelapangan kubah biru dengan arsitektur yang megah.

Masjid Agung Nur Sultan, yang dapat dilihat dari beragam sisi bagian kota, dinominasikan untuk Rekor Dunia Guinness.

Masjid ini mengusung penggambaran dan makna simbolis di setiap titik desainnya. Ia memegang rekor dunia untuk ukuran lampu gantung utama di bagian Masjidil Haram.

Tembok bagian Kiblat juga diklaim sebagai yang terbesar dari jenisnya, dengan jumlah kristal yang digunakan dan ukuran totalnya.

Masjid Agung Nur Sultan, memiliki salah satu pintu masjid terbesar di dunia juga halaman masjid terbesar di dunia, yang dibangun di wilayah geografis di mana iklim musim dingin berlaku. Karpet berdiameter 70 meter ini termasuk salah satu kandidat rekor dunia.

Masjid baru ini megah dalam segala hal, mulai dari bentuk geometrisnya yang kompleks dan keramahan yang tak terbatas. Struktur uniknya juga sangat penting bagi industri pariwisata Kazakhstan, menonjol dengan kemampuannya menampung hingga 30.000 pengunjung secara bersamaan.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement