Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

Aksi Pungli di Jalur Alternatif Puncak

Kamis 18 Aug 2022 10:58 WIB

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Andi Nur Aminah

Ilustrasi Pungli

Ilustrasi Pungli

Foto: Foto : MgRol112
Mobil yang akan melintas dimintai Rp 10 ribu untuk melewati portal tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan aksi pungutan liar (pungli) di jalur alternatif Puncak, tepatnya di Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor. Aksi pungli tersebut telah diselidiki Polsek Ciawi.

Video tersebut viral di media sosial Twitter @txtdaribogor. Di mana sebuah mobil terlihat hendak melewati sebuah portal yang dijaga beberapa pemuda. Dalam video itu, mobil tersebut dimintai uang sejumlah Rp 10 ribu untuk melewati portal tersebut.

Baca Juga

Kapolsek Ciawi, Kompol Agus Hidayat, membenarkan aksi pungli tersebut terjadi di salah satu jalur alternatif menuju kawasan Puncak Bogor. “Iya, yang masuk melalui Masjid Amaliah,” kata Agus dikonfirmasi, Kamis (18/8/2022).

Lebih lanjut, Agus mengatakan, pada Rabu (17/8/2022) malam pihaknya telah mencari pelaku pungli tersebut. Rupanya para pemuda pelaku pungli merupakan anggota Karang Taruna di Desa Pandansari.

Selain mencari pelaku, Agus mengatakan, polisi juga meminta agar para pemuda tersebut tidak lagi mengulangi perbuatannya. “Semalam sudah kita cari dan dibicarakan dengan Karang Taruna Desa Pandansari, agar tidak melakukan perbuatannya lagi. Dan apabila di ulangi akan kami tindak tegas,” ujar Agus.

Berdasarkan penuturan dari para pelaku, lanjut Agus, aksi pungli tersebut baru dilakukan kali itu. Dimana para pemuda sedang berkumpul sesudah pengajian. “Pengakuannya sih baru, pagi ini kami juga akan ke pemerintahan Desa Pandansari,” ujarnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA