Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Cara Unik Pembalap Cilik Abyan Aqila Rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77

Kamis 18 Aug 2022 06:35 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Pembalap Cilik Abyan Aqila.

Pembalap Cilik Abyan Aqila.

Foto: Dok. IG
Aksi yang dilakukan oleh pembalap cilik berbakat in tidak membahayakan orang lain.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai cara unik dan tidak biasa kadang dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam merayakan HUT RI, salah satunya yang dilakukan oleh pembalap Cilik Abyan Aqila. Ia mengekspresikan perayaan Hari Kemerdekaan yang ke-77 dengan mengibarkan bendera Merah Putih mengendarai gokart di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, sebagai upaya meramaikan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Terlihat dalam unggahan instagram-nya, @abyanaqilakurniawan, Putra dari Mochamad Chandra Kurniawan tersebut tampil lengkap menggunakan Race Suit dan mengibarkan bendera merah putih dengan sebelah tangannya sembari mengendarai Gokartnya.

Baca Juga

“Dari kecil aku memang suka banget mengibarkan bendera, seperti Marshal yang suka ada di sirkuit dan mengibar-ngibarkan bendera, dan kebetulan sekarang untuk merayakaan hari kemerdekaan Indonesia, aku kibarkan bendera merah putih setelah balap,” ujar Abyan di Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Jenis marshal yang paling sering terlihat dalam ajang balapan adalah flag marshal, yang memberikan sinyal penting kepada pembalap di trek. Hal ini termasuk memperingatkan pembalap tentang potensi bahaya, seperti ada kecelakaan, dengan mengibarkan bendera kuning atau memberi tahu pembalap bahwa trek sudah bersih lagi dengan menunjukkan bendera hijau. Ada juga finishline marshal yang memiliki tugas tambahan untuk mengibarkan bendera finis di akhir lomba.

Aksi yang dilakukan oleh pembalap cilik berbakat in tidak membahayakan orang lain, karena dilakukan oleh profesional dan juga ketika sesi balapan sudah selesai dan telah ditutup, sehingga tidak ada lagi pembalap lain yang menggunakan sirkuit tersebut.

Dilansir dari Antara, Abyan yang kini baru berusia delapan tahun, memang kerap menempati podium 1pertama dalam balapan Gokart, seperti dalam ajang Kejurnas Gokart Eshark Rok Cup. Ia konsisten menjadi yang tercepat dan langganan podium juara, ia juga tercatat beberapa kali mengikuti ajang balapan internasional seperti belum lama ini ia bertolak ke Italia untuk mengikuti kejuaraan gokart tingkat internasional di South Garda Karting, Lonato.

Pembalap kelahiran kelahiran 11 November 2013 selalu terlihat tampil percaya diri dan all out ketika mengendarai gokart-nya. “Mudah-mudahan suatu saat nanti aku bisa mengibarkan bendera Merah Putih di ajang balapan internasioal, untuk membuat Indonesia bangga, dan juga biar indonesia semakin dikenal oleh semua orang,” kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA