Rabu 17 Aug 2022 20:45 WIB

Masjid Istiqlal Gelar Upacara HUT ke-77 Republik Indonesia

Upacara HUT RI yang dilangsungkan di Plaza Al-Fattah Masjid Istiqlal.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar memimpin  upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di kawasan Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (17/8/2022). Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia tersebut diikuti sejumlah pengelola Masjid Istiqlal, pelajar dan sejumlah tokoh lintas agama.
Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar memimpin upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di kawasan Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (17/8/2022). Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia tersebut diikuti sejumlah pengelola Masjid Istiqlal, pelajar dan sejumlah tokoh lintas agama.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Masjid Istiqlal menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia yang dihadiri sejumlah tokoh lintas agama pada Rabu.

Upacara HUT RI yang dilangsungkan di Plaza Al-Fattah Masjid Istiqlal ini merupakan upacara kemerdekaan pertama yang dilangsungkan bersama tokoh lintas agama.

Baca Juga

"Upacara ini dilangsungkan sangat khusus dan bersejarah, karena upacara kemerdekaan Republik Indonesia pertama kalinya dihadiri oleh tokoh lintas agama di halaman salah satu rumah ibadah," ujar Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Sejumlah tokoh lintas agama hadir seperti Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia Wisunu Bawa Tenaya, Ketua Konferensi Waligereja Indonesia Ignatius Suharyo, Ketum Perwakilan Umat Hindu Indonesia Siti Hartiati Murdaya.

 

Lalu, Ketua Umum Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia Budi Santoso Tanuwibowo, hingga Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia Gomat Gultom.

Dalam pesannya, Nasaruddin Umar mengatakan upacara bersama yang dihadiri tokoh lintas agama ini dapat menjadi salah satu kekuatan yang akan berfungsi sebagai filtrasi agama.

"Pemahaman esensi ajaran agama kita dapat serapat mungkin masih diperlukan dalam bingkai NKRI. Filter keindonesiaan perlu selalu menjadi pegangan di dalam mengembangkan ajaran agama kita masing-masing," kata dia.

Kekhidmatan upacara kemerdekaan Indonesia di Masjid Istiqlal terlihat ketika dilangsungkannya pengibaran Bendera Merah Putih yang diiringi lagu kebangsaaan Indonesia Raya oleh Paskibra Madrasah Istiqlal Jakarta dan Marching Band Istiqlal.

Pembacaan teks Proklamasi oleh Kabidsosdaum BPMI Laksamana Pertama TNI (Purn) Asep Saepudin, pembacaan teks Pancasila yang diikuti peserta upacara oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, serta pembacaan naskah UUD 1945 oleh Kabid Diklat BPMI H.M Faried Saenong.

Menyemarakkan HUT ke-77 RI, beragam kegiatan digelar seperti panggung seni, berbagai macam perlombaan, hingga bazzar expo kemerdekaan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement