Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Pemkab Purbalingga Kembali Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI di Alun-alun

Kamis 18 Aug 2022 01:31 WIB

Rep: idealisa masyrafina/ Red: Hiru Muhammad

SK remisi 89 warga binaan Rutan Purbalingga secara simbolis diserahkan langsung oleh Bupati Purbalingga dan Wakil Bupati Purbalingga, Rabu (17/8/22) di Aula Rutan Kelas II B Purbalingga.

SK remisi 89 warga binaan Rutan Purbalingga secara simbolis diserahkan langsung oleh Bupati Purbalingga dan Wakil Bupati Purbalingga, Rabu (17/8/22) di Aula Rutan Kelas II B Purbalingga.

Foto: Pemkab Purbalingga
Pada upacara kali ini diserahkan berbagai penghargaan kepada ASN yang berkinerja baik

REPUBLIKA.CO.ID,PURBALINGGA--Pemkab Purbalingga bersama sejumlah instansi dan elemen masyarakat bisa kembali merasakan Upacara Pengibaran Bendera dalam Rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan RI di Alun-alun, Rabu (17/8/22). Penyelenggaraan upacara dalam skala besar ini tidak terlepas dari kasus Covid-19 yang sudah melandai di Kabupaten Purbalingga.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengungkapkan, upacara seperti ini tentu tidak akan mungkin dilaksanakan kalau Covid-19 di Purbalingga masih tinggi. "Oleh karena itu kami mengucapkan terimakasih kepada jajaran tenaga kesehatan, TNI Polri, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Pemuda dan sebagainya. Berkat gotong-royong, pandemi Covid-19 di Purbalingga bisa diatasi dengan baik," ujar Bupati selaku Inspektur Upacara.

Baca Juga

Ia mengingatkan kembali, 77 tahun sudah Bangsa Indonesia merasakan nikmatnya merdeka. Tentunya kemerdekaan ini diraih dengan susah payah, ada tetesan darah, peluh para pejuang yang merelakan diri mereka demi kata merdeka.

"Mari kita jadikan momentum ini untuk bersyukur, untuk meningkatkan nasionalisme dan meningkatkan cinta tanah air. Mudah-mudahan cinta tanah air dan nasionalisme ini senantiasa berkobar untuk NKRI," katanya.

Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Kabupaten Purbalingga mengambil sub tema Dengan Semangat Juang Panglima Besar Jenderal Soedirman Kita Jadikan Momentum Hari kemerdekaan Republik Indonesia Untuk Mewujudkan Purbalingga Hebat, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Tema tersebut dipilih untuk mengingatkan masyarakat untuk berbangga, bahwa Purbalingga pernah lahir pahlawan nasional Jenderal Besar Soedirman.

Pada momentum Agustusan ini Pemkab Purbalingga juga akan menyelenggarakan acara untuk membangkitkan dan memotivasi masyarakat agar perekonomian kembali pulih semakin baik, dan menggeliatkan kembali perekonomian masyarakat.

"Kegiatan mulai dari Konser Kemerdekaan, Pawai Kebangsaan, Festival Kentongan, Festival Soedirman Fashion Street, dan Festival Jenderal Soedirman," katanya.

Kegiatan Upacara Pengibaran Bendera dalam Rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan RI di Alun-alun berlangsung lancar dan khidmat. Pada upacara kali ini diserahkan berbagai penghargaan, diantaranya Satyalancana Karya Satya bagi sejumlah ASN Pemkab Purbalingga, penghargaan kepada OPD pengguna Aplikasi E-Kinerja secara konsisten terbaik.

Komandan upacara kali ini adalah Kapten Inf Dadang Sapridan S.Tr (Han) dari Komandan Kompi A Batalyon Infanteri 406/Candra Kusuma. Sedangkan petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) diantaranya Pembawa bendera Titan Aurelia Ramadhani siswi SMKN Bojongsari, pembentang bendera Dafa Norma Darmawan dari SMAN 1 Purbalingga, pengerek bendera Rizki Dwi Hartanto dari SMAN 1 Bukateja dan pengibar bendera Rafi Praja Sonarya dari SMAN 1 Purbalingga. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA