Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Pemkot Padang Kenalkan Cara Memasak Rendang ke Pelajar SD

Rabu 17 Aug 2022 17:57 WIB

Red: Indira Rezkisari

Sejumlah siswa sekolah dasar (SD) mengikuti kelas memasak rendang di Gedung Sentra Rendang, Padang, Sumatera Barat, Rabu (17/8/2022). Pemkot Padang membuka kelas memasak rendang bagi 100 siswa SD memperingati HUT ke-77 kemerdekaan RI sekaligus memberikan edukasi sejak dini tentang makanan tradisional Minang itu.

Sejumlah siswa sekolah dasar (SD) mengikuti kelas memasak rendang di Gedung Sentra Rendang, Padang, Sumatera Barat, Rabu (17/8/2022). Pemkot Padang membuka kelas memasak rendang bagi 100 siswa SD memperingati HUT ke-77 kemerdekaan RI sekaligus memberikan edukasi sejak dini tentang makanan tradisional Minang itu.

Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Cukup banyak remaja tidak pintar memasak, apalagi memasak rendang.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah Kota Padang memperkenalkan cara memasak rendang kepada 100 pelajar SD di kota itu. Langkah tersebut sebagai upaya melestarikan masakan khas Sumatera Barat tersebut.

"Rendang khas Sumatra Barat sudah tersohor ke mana-mana, tak ingin tradisi memasak rendang punah ditelan zaman, kami memperkenalkan cara memasaknya di Sentra Rendang milik Pemkot," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Padang Dian Fakri di Padang, Rabu (17/8/2022).

Baca Juga

Ia mengakui sengaja mengajak siswa SD untuk belajar memasak rendang di Sentra Rendang. Sebab selama ini melihat, cukup banyak kawula muda yang tidak pintar memasak, apalagi memasak rendang. "Anak-anak kita kenalkan dengan rendang, karena masakan khas itu memang harus terus lestari," katanya.

Selain mengedukasi, Dian menyampaikan keinginan Sentra Rendang ramai dikunjungi dan digunakan sebagai tempat memproduksi rendang.

Karena menurutnya, fungsi Sentra Rendang cukup banyak. Di antaranya sebagai rumah produksi rendang, tempat promosi rendang, tempat belajar memasak rendang, serta sebagai objek kunjungan atau tempat wisata pembuatan rendang. "Kalau hanya IKM saja yang memasak rendang di sini tentu terasa sepi," ujarnya.

Ke depan pihaknya berencana akan mengundang sekolah-sekolah agar seluruh siswa dapat belajar memasak rendang. "Agar hal itu terwujud, butuh keseriusan dan sinergitas sejumlah pihak, seperti dengan Dinas Pendidikan dan lainnya," kata dia.

Seratus murid kelas VI dari SDN 11 Padang itu diajarkan langsung tutorial memasak rendang oleh Pengurus Koperasi Wanita Ikaboga Padang Harti Ningsih.

Kepada para pelajar diperlihatkan satu persatu bahan yang disiapkan untuk memasak rendang. Kemudian mengajarkan bagaimana cara mengaduk rendang agar empuk.

"Tentunya kita mendukung usaha yang dilakukan Pemko Padang. Mengenalkan rendang kepada generasi muda," ujar Harti Ningsih yang juga pemilik sentra rendang "Sabana Bana Randang" itu.

Selain diajarkan cara memasak rendang, anak-anak juga diajak untuk melihat langsung seluruh isi ruangan Sentra Rendang. Mereka melihat bagaimana proses membuat rendang, dan alat yang digunakan. Setelah itu, para siswa SD juga mengikuti lomba HUT RI di lokasi tersebut dan ditutup dengan makan rendang bersama.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA