Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Kuliah Sambil Kerja? Mengapa Tidak, Ini Rekomendasi Jurusan Kuliah Buat Kamu Yang Bekerja

Rabu 17 Aug 2022 16:49 WIB

Red: Budi Raharjo

Kuliah Sambil Kerja? Mengapa Tidak, Ini Rekomendasi Jurusan Kuliah Buat Kamu Yang Bekerja

Kuliah Sambil Kerja? Mengapa Tidak, Ini Rekomendasi Jurusan Kuliah Buat Kamu Yang Bekerja

Foto: Universitas BSI
Kelas disediakan dengan waktu yang dapat disesuaikan dengan jadwal kosong mahasiswa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTAB -- Buat kamu yang bingung memilih jurusan kuliah, namun sedang kerja, tidak perlu khawatir. Saat ini, terdapat beberapa pilihan jurusan kuliah yang dapat kamu ambil secara bersamaan ketika kamu sedang bekerja.

Biasanya kelas disediakan dengan waktu yang dapat disesuaikan dengan jadwal kosong dari mahasiswa. Bahkan saat ini juga tersedia kelas online.

Sebagai seorang pekerja, namun tertarik untuk kuliah tidak perlu pusing, tinggal kamu pilih saja beberapa rekomendasi jurusan berikut, yang telah terangkum dari beberapa sumber: 

Teknik Informatika 

Tertarik dengan Jurusan Teknik Informatika? Di jurusan ini kamu akan mempelajari berbagai prinsip terkait ilmu komputer mulai dari proses perancangan, pengembangan, pengujian, hingga evaluasi sistem operasi perangkat lunak. Jurusan ini sangat mudah ditemukan, mulai dari universitas negeri hingga sekolah tinggi swasta lainnya. Untuk jadwal kuliah juga fleksibel mulai dari kelas malam, Senin hingga Sabtu, bahkan juga di beberapa kampus menyediakan kelas akhir pekan.

Sistem Informasi 

Jurusan ini mungkin sudah tak asing lagi buat kamu, memilih jurusan ini berarti kamu akan mempelajari mengenai bagaimana memanajemen sebuah sistem informasi atau program. Kamu dapat mengambil studi ini apabila memang sudah bekerja di bidang pembuatan sistem informasi. 

Manajemen Informatika

Pilihan berikutnya yang bisa kamu jadikan alternatif adalah jurusan manajemen, tapi manajemen di bidang komputer, yaitu manajemen informatika. Jurusan kuliah yang bisa sambil kerja ini sangat cocok untuk bekerja di bidang web developer atau database administrator.

Psikologi

Sudah familiar dengan jurusan ini? Ya, Jurusan Psikologi merupakan salah satu bidang keilmuan yang mempelajari tentang manusia. Manusia yang dimaksud di sini tak sebatas pada perilakunya saja, melainkan mempelajari jiwa yang mempengaruhi tindakan tersebut. Jika sebelumnya kamu bekerja sebagai staf di sebuah perusahaan, maka adanya gelar sebagai psikolog bisa ditempatkan sebagai manajer di bagian HRD atau departemen lainnya.

Ilmu Komunikasi 

Pilihan jurusan kuliah yang bisa sambil kerja berikutnya adalah ilmu komunikasi. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang aktif dan suka berinteraksi dengan orang lain. Jurusan ilmu komunikasi adalah program studi yang mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif agar dapat diterima dan dipahami oleh khalayak.

Saat ini lulusan ilmu komunikasi sangat dibutuhkan di berbagai bidang usaha, baik produksi, distribusi, maupun bidang lainnya. Hampir semua perusahaan memiliki satu departemen komunikasi yang menjadi penghubung ke dalam maupun luar perusahaan.

Itulah beberapa jurusan yang dapat sobat muda pilih, sebagai jurusan kuliah yang tentu sangat mendukung posisi kerja yang telah dijalani. Untuk yang sudah bekerja dan ingin memperluas wawasan maka dapat merujuk pada pilihan jurusan di atas ya.

Ketua Program Studi (kaprodi) Ilmu Komunikasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Anisti, menjelaskan bahwa mahasiswa program studi (prodi) Ilmu Komunikasi Universitas BSI dipersiapkan untuk menjadi seseorang yang mampu menghasilkan program-program TV berkualitas atau pembuat film yang handal. 

“Salah satu caranya adalah dengan menghadirkan para praktisi di dunia perfilman dan sineas muda, baik pada kegiatan seminar maupun workshop,” katanya.

Anisti menjelaskan, di prodi Ilmu Komunikasi Universitas BSI, para mahasiswa dapat memilih dua peminatan/konsentrasi yakni Public Relation (PR), serta Televisi &  Film. Prospek karir lulusan peminatan Public Relation antara lain Scientific Digital Communication Profesional, Strategic Planner, Creatove Media Developer, Public Relations Officer, dan Event Management

“Masih banyak lagi peluang karier lulusan prodi Ilmu Komunikasi peminatan Public Relation. Hal itu mengingat keahlian di bidang komunikasi, dibutuhkan di semua sektor pekerjaan,” tuturnya.

Lanjutnya, ia menambahkan buatmu yang ingin berkarier Public Relation (PR), serta Televisi & Film bisa bergabung dengan prodi Ilmu Komunikasi Universitas BSI. Karena belum lama ini, Universitas BSI telah membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) gelombang 6 yang terhitung sejak 4 Agustus hingga 1 September 2022 mendatang. 

“Bagi calon mahasiswa cukup melakukan pendaftaran dengan mengunduh aplikasi PMB-UBSI di playstore secara gratis atau melalui website https://bsi.pmbonline.id/,” ungkapnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA