Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Ini Jurusan Kuliah yang Lulusannya Langsung Dicari dan Langsung Kerja

Rabu 17 Aug 2022 15:45 WIB

Red: Gita Amanda

Ada beberapa jurusan kuliah yang punya peluang kerja yang besar dan lulusannya langsung dicari perusahaan.

Ada beberapa jurusan kuliah yang punya peluang kerja yang besar dan lulusannya langsung dicari perusahaan.

Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Ada beberapa jurusan kuliah yang punya peluang kerja yang besar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memilih jurusan kuliah, menjadi pertimbangan yang sangat penting, terutama harus yang punya peluang karier secara luas. Saat ini, ada beberapa jurusan kuliah yang punya peluang kerja yang besar dan lulusannya langsung dicari perusahaan.

Beberapa jurusan tersebut, memiliki prospek kerja sesuai dengan apa yang sedang tren di masa kini dan masa depan. Jika kamu ingin tau tentang jurusan ini, yuk simak beberapa ulasannya, yang dirangkum dari beberapa sumber:

Baca Juga

1. Matematika

 

Bagi kamu yang suka dengan hitung menghitung, pasti cocok dengan jurusan ini. Dalam pengolahan big data, matematika merupakan ilmu paling mendasar yang dibutuhkan, khususnya di industri 4.0 ini. Pada pertengahan tahun 2020 lalu, terdapat kenaikan permintaan di pekerjaan bidang matematika ini sampai 10 persen dan diperkirakan akan terus meningkat.

2. Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika akan sangat dibutuhkan dalam pengolahan big data. Informatika sendiri merupakan ilmu yang lebih spesifik dari matematika dan turunannya.  Jurusan ini merupakan salah satu jurusan pendidikan tingkat perguruan tinggi yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software) dan kinerja komputer.

3. Teknik Elektro dan Robotik

Jika kamu ambil jurusan ini berarti kamu siap terjun di bidang teknologi. Di jurusan ini kamu akan mendalami tentang teknologi digital dan robot.

Sementara itu, robot diperkirakan akan menggantikan 56 persen tenaga kerja di dunia. Akan tetapi, sebagai profesional yang bekerja di bidang teknik elektro dan robotic, tentunya tidak akan ikut terdampak karena kamulah yang nanti akan mengontrol mesin serta robot tersebut.

4. Ekonomi Bisnis

Jurusan ini menjadi jurusan yang banyak diminati oleh banyak orang. Mengingat di jurusan ini, perusahaan akan membutuhkan orang-orang yang paham dengan ekonomi dan bisnis untuk mengembangkan usaha mereka.

5. Pariwisata

Jurusan lain yang akan sangat dicari lulusannya adalah pariwisata. Lulusan untuk industri pariwisata atau hospitality yang tentunya akan selalu dibutuhkan.

6. Ilmu Komputer

Bicara mengenai Ilmu Komputer, tentu jurusan ini menjadi jurusan yang masih akan terus dibutuhkan, apalagi saat ini, teknologi komputer akan terus berkembang.

Di samping itu, Ketua Program Studi Ilmu Komputer Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Rachmat Adi Purnama, mengungkapkan, perkembangan teknologi saat ini yang sangat pesat, akan membuka lebarnya kesempatan kerja bagi lulusan jurusan Ilmu Komputer.

Pasalnya, pada jurusan ini, identik dengan computer programming yang memberikan keterampilan menyusun algoritma dan programming dalam mengembangkan sebuah aplikasi atau software. Prospek lulusan dari prodi ini, juga sangat beragam dan banyak dibutuhkan mulai dari instansi pemerintahan, BUMN, hingga swasta.

“Lulusan Ilmu Komputer dapat menjadi data scientist yang mampu menentukan objektif bisnis, tujuan teknis data science, membuat rencana proyek, mengumpulkan data, mengolah hingga melakukan laporan akhir proyek data science. Selain itu, lulusan ini juga bisa menjadi seorang web developer yang dapat merancang serta membuat web untuk sebuah instansi atau lembaga,” jelasnya.

Sebagai informasi, bagi kamu yang tertarik menjadi seorang ahli di bidang IT, bisa masuk ke jurusan Ilmu Komputer Universitas BSI.  Saat ini, Universitas BSI masih membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) gelombang 6, sejak 4 Agustus sampai 1 September 2022 mendatang.

Calon mahasiswa cukup melakukan pendaftaran melalui aplikasi PMB-UBSI yang bisa diunduh di playstore secara gratis atau melalui website https://bsi.pmbonline.id/.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA