Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

Kasetpres Isyaratkan Presiden Segera Lantik MenPAN-RB

Rabu 17 Aug 2022 14:59 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andi Nur Aminah

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono

Foto: ANTARA/SIGID KURNIAWAN
Kasetpres mengisyaratkan pelantikan MenPAN-RB akan dilakukan pada pekan depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera melantik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) pengganti almarhum Tjahjo Kumolo. Ia mengisyaratkan pelantikan MenPAN-RB akan dilakukan pada pekan depan.

"Insya Allah (minggu depan). Kita usahakan karena beliau besok kan kunker," ujar Kasetpres Heru di Kompleks Istana Presiden, Rabu (17/8/2022).

Baca Juga

Menurut Heru, pelantikan MenPAN-RB belum dilaksanakan karena agenda Presiden yang masih padat. Pada Kamis (18/8/2022), Jokowi pun diagendakan untuk melakukan kunjungan kerja ke Karawang, Jawa Barat. Sedangkan pada akhir Agustus, ia diagendakan untuk mengunjungi wilayah timur Indonesia.

"Pertama karena kesibukan beliau sebagai seorang presiden. Kemarin juga baru pergi ke Beijing, Tokyo, Seoul mempersiapkan materi dan lain-lain. Berikutnya sebelumnya ke Eropa, baru kembali kemarin, sudah mempersiapkan 17 Agustus, pidato kenegaraan. Mudah-mudahan beliau sempatlah untuk bisa memilih menteri yang memang akan dipilih pak presiden," jelas dia.

Saat ditanya terkait nama yang akan ditunjuk Jokowi untuk menjabat sebagai MenPAN-RB, Kasetpres mengaku tidak mengetahui sosok tersebut. "Saya nggak ngikutin. Tapi yang jelas sudah ada di beliau. Dan ini ranah Mensesneg dan Pak Seskab," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi, sambil bergurau menyebut sudah mengantongi banyak nama terkait sosok yang akan mengisi jabatan MenPAN-RB. "Oh, kantongan sudah penuh," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Namun, ia enggan menyebut sosok yang akan menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo nanti. Sementara Sekretaris Kabinet Pramono Anung juga menyebut bahwa sejumlah nama pengganti Tjahjo sudah mengerucut. Ia pun meminta agar masyarakat menunggu pengumuman dari Presiden.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA