Rabu 17 Aug 2022 12:40 WIB

Mantan Bek Kiri Arsenal Umumkan Gantung Sepatu

Cedera lutut yang tidak kunjung pulih membuat Nancho memutuskan pensiun.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Nacho Monreal (kiri) saat masih memperkuat Arsenal.
Foto: AP Photo/PA
Nacho Monreal (kiri) saat masih memperkuat Arsenal.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN SEBASTIAN -- Pemain bertahan asal Spanyol, Nacho Monreal, secara resmi mengumumkan keputusannya untuk mundur dari pentas sepak bola profesional. Cedera lutut yang tidak kunjung pulih membuat mantan bek kiri Arsenal itu memutuskan untuk gantung sepatu dalam usia 36 tahun.

Pada musim lalu, Monreal terpaksa absen dari skuad Real Sociedad lantaran mengalami cedera lutut. Kendati telah melakukan berbagai proses pemulihan, Monreal tidak pernah bisa benar-benar pulih dari cedera tersebut. Ini sudah cukup menjadi sinyal buat Monreal untuk pensiun dari lapangan hijau.

Baca Juga

''Lutut saya sudah mengirim pesan, begitu jelas dan keras. Saya tidak bisa melanjutkan. Apakah saya marah? Tidak. Saya mendengarkan pesan itu dan menerima situasinya. Saya berterima kasih atas semua yang pernah saya dapatkan dari karier ini,'' ujar Monreal dalam unggahan di media sosialnya seperti dilansir Eurosports, Rabu (17/8/2022).

Mengawali karier profesional bersama Osasuna dalam usia 16 tahun, Monreal telah 36 tahun merajut karier sebagai pesepak bola profesional. Penampilan apik bersama Malaga membuat Arsene Wenger, yang saat itu masih menukangi Arsenal, merekrutnya ke the Gunners pada 2013 silam.

Dengan nilai transfer dikabarkan mencapai 10 juta poundsterling, Monreal resmi hijrah ke the Gunners. Di klub asal London Utara tersebut, Monreal mengukir nama besar.

Selama delapan musim, Monreal dipercaya mengawal sisi kiri pertahanan Arsenal dan mengemas 250 penampilan di semua ajang. Monreal menyumbang 10 gol selama memperkuat Arsenal, termasuk gol penentu Arsenal ke gawang Manchester United di babak perempat final Piala FA pada 2015 silam.

Pun dengan gol yang ditorehkan Monreal saat mengantarkan Arsenal menyingkirkan Manchester City di babak semifinal Piala FA pada tahun berikutnya. Total tiga trofi Piala FA, tiga gelar juara Community Shields, dan runner-up Piala Liga Inggris serta Liga Europa menjadi persembahan Monreal buat the Gunners.

Kiprah Monreal di Arsenal berakhir seiring dengan berakhirnya kiprah pelatih Unai Emery bersama the GUnners pada 2019. Monreal akhirnya kembali ke La Liga Spanyol dan memperkuat Real Sociedad pada awal musim 2019/2020.

Pada musim debutnya bersama La Real, Monreal sukses mempersembahkan titel Copa del Rey. Dalam dua musim membela Real Sociedad, Monreal telah mengemas 69 laga dan menyumbang empat gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement