Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

Manusia Mulai Tularkan Cacar Monyet ke Hewan Peliharaan, Ini Rekomendasi CDC

Rabu 17 Aug 2022 08:40 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda

Anjing jenis italian greyhound. Seekor anjing jenis ini tertular cacar monyet setelah menjilat majikannya yang terinfeksi virus monkeypox.

Anjing jenis italian greyhound. Seekor anjing jenis ini tertular cacar monyet setelah menjilat majikannya yang terinfeksi virus monkeypox.

Foto: EPA/ALEJANDRO ERNESTO
Seekor anjing italian greyhound tertular cacar monyet dari majikannya.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Pejabat kesehatan memperingatkan orang yang terinfeksi cacar monyet untuk menjauh dari hewan peliharaannya. Hewan peliharaan terbukti berisiko tertular virus monkeypox yang diderita majikannya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat mengingatkan agar hewan peliharaan yang melakukan kontak dekat dengan orang yang bergejala harus diamankan di rumah. Hewan ini perlu dijauhkan dari hewan dan manusia lain selama 21 hari setelah kontak terakhir dengan penderita cacar monyet.

Baca Juga

Selama berbulan-bulan, CDC  telah merekomendasikan saran tersebut ketika cacar monyet mulai menyebar di Amerika Serikat. Namun, hal itu mendapat perhatian baru setelah muncul sebuah laporan dari Prancis.

Pekan lalu, peneliti mengungkap temuan seekor anjing jenis italian greyhound yang tertular virus monkeypox dari majikannya. Kasus tersebut telah dilaporkan di jurnal medis Lancet.

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA