Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alya Sifaudin

Tips Fasih berbahasa Inggris

Eduaksi | Tuesday, 16 Aug 2022, 15:23 WIB
Sumber: SHVETS production
Sumber: SHVETS production

Apakah kamu adalah salah satu orang yang belum percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris? Padahal hari ini bahasa Inggris merupakan bahasa kedua hampir di seluruh dunia, tiap negara pasti akan memasukkan materi bahasa Inggris pada kurikulum pendidikannya. Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan karena bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang dapat digunakan sebagai bahasa penghubung seluruh negara. Jika dilihat dari sejarah mengapa bahasa Inggris bisa menjadi bahasa internasional tidak terlepas dari pengaruh kekaisaran Inggris Britania Raya yang memiliki wilayah sangat luas. Bahkan diperkirakan sepertiga populasi penduduk dunia atau sebanyak dua miliar orang menggunakan bahasa Inggris. Di Indonesia sendiri bahasa Inggris sudah seperti bahasa kedua bagi masyarakat. Mulai dari menu makanan, menu-menu di cafe sering kali menggunakan bahasa Inggris. Penggunaan bahasa Inggris dalam objek-objek tertentu terbukti dapat meningkatkan value dari produk tersebut. seperti pada kasus es teh, apabila menggunakan nama asli es teh mungkin harga jualnya tidak sampai Rp 5.000 akan tetapi apabila penamaanya menggunakan bahasa Inggris “Special Ice Tea” harga es teh tersebut bisa naik berkali-kali lipat. Hal tersebut adalah salah satu contoh kecil pentingnya penguasaan bahasa Inggris hari ini, lebih lanjut kemampuan berbahasa Inggris yang baik mampu menunjang hal-hal lain dalam hidup, seperti halnya pendidikan bahkan pekerjaan. Maka dari itu pada kesempatan kali ini akan saya sampaikan beberapa tips fasih berbahasa Inggris, selengkapnya simak sampai habis.

Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Cara pertama agar kamu fasih berbahasa Inggris yaitu dengan cara belajar bahasa Inggris otodidak, banyak metode yang dapat kamu gunakan untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris yang kamu miliki, bahkan kamu bisa belajar bahasa Inggris sendiri di rumah. Akan tetapi ketika belajar otodidak kamu harus memiliki tekad yang sangat kuat untuk bisa berkembang. Banyak orang yang diawal semangat akan tetapi menjadi tidak konsisten lagi ditengah jalan. Kamu bisa belajar via Youtube atau mencari panduan belajar bahasa Inggris melalui buku paket atau bahkan membaca di artikel-artikel online.

Ambil Kursus Bahasa Inggris

Cara yang kedua agar fasih berbahasa Inggris yaitu dengan cara ambil kursus bahasa Inggris, cara ini bisa menjadi solusi yang tepat dan harus kamu ambil apabila kamu merasa kesulitan belajar secara otodidak. Saat ini sudah banyak sekali lembaga kursus bahasa Inggris yang tersebar di daerah-daerah sekitar tempatmu tinggal. Akan tetapi apabila kamu menginginkan cara baru dalam belajar bahasa Inggris kamu bisa pergi ke daerah Jawa Timur, tepatnya di Kampung Inggris Pare. Disana merupakan cental-nya lembaga kursus bahasa Inggris, mulai dari kursusan yang mengajarkan general English sampai TOEFL/IELTS tersedia di daerah tersebut.

Kursus Bahasa Inggris Private

Yang ketiga untuk memperfasih kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki dapat kamu tempuh dengan cara mengambil kursus bahasa Inggris private. Mengambil metode ini jelas ada kelebihan dan kekurangannya. kekurangannya mungkin kamu tidak akan mendapat teman baru, akan tetapi apabila tutor pengajarmu adalah orang profesional yang telah berpengalaman mengajar bahasa Inggris ia pasti memiliki banyak metode yang dapat membuatmu tidak bosan dan tetap semangat dalam belajar, terlebih apabila kamu mengambil kursus bahasa Inggris private perhatian tutor pasti sepenuhnya diarahkan kepadamu! Hal tersebut merupakan kelebihan dari metode belajar bahasa Inggris satu ini.

Tambah Kosakata Tiap hari

Bagaimana caramu bias fasih berbahasa Inggris apabila kosakatamu tidak banyak. Salah satu hal terpenting dalam belajar bahasa Inggris adalah memperkaya kosakata, perkaya kosakata yang kamu miliki minimal 5 kata dalam sehari. Kamu bisa mendapat kosakata baru dengan sering mendengar musik, menonton film atau bahkan membaca artikel dalam bahasa Inggris, kamu bisa siapkan buku catatan yang kamu khususkan penggunaannya untuk menulis kosakata baru.

Praktek Speaking dari Sosial Media

Apabila bahasa Inggris yang kamu miliki sudah lumayan baik kamu bisa mulai untuk praktik speaking dari sosial media dengan native speaker atau orang asing dari luar negeri. Saat ini telah banyak sekali platform atau situs yang bisa kamu gunakan untuk bertemu dengan strangger dari negara-negara lain, di Youtube sendiri sudah cukup banyak creator yang isi kontenya adalah berbincang-bincang dengan orang asing dari negara lain. Meski sepele kegiatan satu ini sangat menyenangkan dan bisa membuat ketagihan. Lebih lagi kamu bisa mendapatkan teman atau kenalan dari negara-negara lain.

Praktek Kapanpun dan Dimanapun

salah satu cara agar kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki semakin berkembang dari hari ke hari adalah rajin prektek, hal seperti inilah yang digunakan sebagai metode belajar ala kampung Inggris pare. meski tidak mengambil kursus disana kamu tetap bisa kok menerapkan englis area di mana tempatmu tinggal, asal kamu memiliki rekan atau siapa saja yang bisa kamu ajak untuk berdialog menggunakan bahasa Inggris, kalau toh tidak ada kamu tetap bisa praktik berbicara berbahasa Inggris dengan monolog bersama cermin yang ada dirumahmu. dari kebiasaan praktek berbicara menggunakan bahasa Inggris nantinya kamu akan tahu dimana letak salah dan kekurangan yang kamu miliki, hal tersebut bisa kamu gunakan sebagai bahan evaluasi agar kemampuan bahasa Inggrismu jadi lebih baik dari hari ke hari.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image