Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

Basarnas Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut

Selasa 16 Aug 2022 19:35 WIB

Red: Ilham Tirta

Pengibaran Bendera Merah Putih di dalam laut (ilustrasi).

Pengibaran Bendera Merah Putih di dalam laut (ilustrasi).

Foto: Sorong Diving Team/ANTARA
Bendera dibentangkan dan diiringi lagu Indonesia Raya di bawah laut.

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Personel Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate, Maluku Utara (Malut) meriahkan Hari Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia dengan cara mengibarkan bendera merah putih di bawah laut di objek wisata Pantai Jikomalamo. Bendera dibentangkan dan diiringi lagu Indonesia Raya di bawah laut.

"Sebanyak 10 penyelam dari Basarnas Ternate mulai melakukan penyelaman, mengibarkan bendera merah putih pada kedalaman 9 meter di perairan tempat wisata pantai Jikomalamo Ternate," kata Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman di Ternate, Selasa (16/8/2022).

Baca Juga

Di bawah laut, para penyelam juga memberikan penghormatan kepada sang saka Merah Putih. Kegiatan tersebut, menurut Fathur sebagi pesan nilai persatuan dan kesatuan bangsa yang kental terasa sehingga dapat menjadi contoh.

Fathur menambahkan, alasan tempat wisata pantai Jikomalamo dipilih sebagai lokasi pembentangan bendera karena tempatnya aman dan merupakan salah satu tempat wisata andalan Kota Ternate.

Menurut dia, keindahan pantai Jikomalamo menjadi aset pariwisata yang menghasilkan pendapatan bagi pemerintah daerah. Selain itu, juga dijaganya ekosistem.

Pengibaran bendera bawah laut dilakukan dengan khidmat. Seluruh penyelam kembali ke permukaan setelah upacara selesai.

Sementara itu, dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-77, Pemprov Malut secara simbolis membagikan bendera merah putih melalui gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT Kemerdekaan.

Sekretaris Daerah Malut, Samsudin Abdul Kadir menyatakan, bendera merah putih ini dibagikan kepada sejumlah pengendara becak motor (bentor), tukang ojek, dan masyarakat di bundaran jalan 40 ibu kota Sofifi. Pemprov Malut turun ke jalan untuk membagikan ratusan bendera merah putih sebagai langkah awal mensosialisasikan cinta bendera merah putih sebagai identitas negara sekaligus membangun semangat menghargai lambang negara.

Menurut Sekprov, gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih merupakan gerakan nasional yang bertujuan menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat Indonesia termasuk yang ada di ibu kota Sofifi. Karena itu, dirinya berharap masyarakat dapat secepatnya menaikkan bendera tersebut di depan rumah mereka menjelang HUT Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2022.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA