Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Ratusan Petani dan Keluarga di Jember Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Selasa 16 Aug 2022 16:46 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Pemeriksaan kesehatan gratis petani di Jember dalam rangka HUT ke-77 RI.

Pemeriksaan kesehatan gratis petani di Jember dalam rangka HUT ke-77 RI.

Foto: Dok Istimewa
Pemeriksaan kesehatan gratis petani di Jember dalam rangka HUT ke-77 RI

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Sebanyak 200 petani dan keluarga di Jember, Jawa Timur mendapat pemeriksaan kesehatan secara cuma-cuma. 

Kegiatan yang digelar PT East West Seed Indonesia (EWINDO) atau dikenal dengan “CAP PANAH MERAH” bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Jember ini dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI.         

Baca Juga

Acara ini dihadiri Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Universitas Jember dr Bagus Hermansyah, M.Biomed serta perwakilan dari Fakultas Kedokteran Universitas Jember, General Manager Corporate Affairs EWINDO Fransiska Fortuna dan jajaran manajemen EWINDO di Jember. 

Seed Operation Director PT East West Seed Indonesia, Joko Sareh Utomo, mengatakan pertanian adalah sektor penopang ketahanan pangan, namun di sisi lain petani memiliki resiko kesehatan akibat jam kerja yang panjang, paparan zat kimia dan minimnya alat pelindung diri. 

“Kegiatan ini sesuai dengan nilai yang kami usung, kami adalah sahabat petani yang bersedia memahami, membantu, dan senantiasa dapat memberikan solusi atas segala permasalahan petani termasuk kesehatan petani dan keluarganya," kata dia dalam keterangannya, Selasa (16/8/2022).   

Dia menambahkan melalui kegiatan yang juga dilakukan untuk merayakan ulang tahun ke-40 East West Seed Group, EWINDO ini mengangkat tema “Healthy Growers for Healthier Tomorrow”. 

Menurut dia, petani kunci produksi benih EWINDO atau “growers” dan keluarga dalam hal ini istrinya mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan edukasi pola hidup sehat secara gratis. “Petani yang mendapatkan layanan ini berasal dari area Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi,” ujar dia.  

Layanan kesehatan gratis ini mendapat respons sangat positif dari petani. Perwakilan petani Sutriono yang berasal dari Banyuwangi mengatakan para petani sangat terbantu dengan adanya layanan kesehatan gratis ini. 

Menurut dia, selama ini mereka jarang dan memang tidak terpikir untuk memeriksakan kesehatan secara berkala. “Kami sangat senang dan berterima kasih karena bisa memeriksakan kesehatan secara gratis. Kami berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara berkala karena sangat membantu dan memudahkan petani,” kata Sutriono. 

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Jember dr  Supangat, MKes, PhD, SpBA mengatakan kegiatan ini selain ditujukan untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat agrikultur juga untuk memberikan informasi kesehatan secara langsung kepada masyarakat. 

Supangat mengatakan, sebagai Kampus Agromedis di Indonesia, hal ini sekaligus menjadi wujud komitmen Fakultas Kedokteran Universitas Jember kepada lingkungan dan masyarakat terutama dalam mendukung peningkatan kesehatan petani sebagai tulang punggung pangan negara. 

“Program pemeriksaan kesehatan bagi para pelaku aktivitas pertanian sangat bagus dilakukan,” ujar dia.  

Selain memberikan layanan kesehatan kepada petani, sebelumnya EWINDO juga telah bekerja sama dengan Universitas Jember membangun sarana MCK dan pipanisasi untuk lahan pertanian sepanjang 600 meter di Desa Suco Pangepok, Kecamatan Jelbuk, Jember-Jawa Timur. 

Pipanisasi ini mengairi lahan pertanian produktif seluas 45 hektar dan dapat dimanfaatkan oleh 105 petani yang aktif memproduksi komoditas padi, jagung, cabai, tomat dan terong. 

Tidak hanya di Jember, Jawa Timur, EWINDO juga memberikan bantuan dan layanan kesehatan untuk petani di berbagai daerah lainnya seperti di Brebes, Jawa Tengah dan Pandeglang, Banten. Hingga saat ini EWINDO telah bekerja sama dengan lebih dari 17 ribu petani produksi benih. 

Melalui kerja sama ini EWINDO melakukan pendampingan, transfer teknologi hingga menyerap hasil panen petani secara langsung. Dengan pola kerja sama ini petani mendapatkan jaminan atas produk pertanian yang dihasilkan.  

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA