Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Salman Aman Foundation Dorong UMKM Naik Kelas

Rabu 17 Aug 2022 14:03 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Budi Raharjo

Salman Aman Foundation (SAF) membantu UMKM naik kelas.

Salman Aman Foundation (SAF) membantu UMKM naik kelas.

Foto: SAF
SAF tak membatasi daerah bantuan, tapi baru mendampingi wilayah Jabar, Banten, Jateng

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Yayasan yang bergerak di bidang ekonomi dan pendidikan Salman Aman Foundation (SAF) tidak hanya membantu operasional ambulans untuk Yayasan Gerak Bareng. SAF juga mempunyai program lain, yaitu UMKM Naik Kelas.

Program tersebut membantu para usaha mikro kecil menengah (UMKM) agar tidak sampai menjadi usaha sangat mikro kecil menengah selamanya (USMKMS). Pimpinan SAF Wisnu Salman mengatakan banyak dari para pelaku UMKM yang terjebak dalam masalah, seperti bank keliling, omzet menurun karena daya masyarakat yang turun, BBM susah didapat dan pekerjaan yang semakin sulit peluangnya.

“Program naik kelas UMKM tidak cukup dengan bantuan satu kali, tetapi harus didampingi dan diintervensi,” kata Wisnu pada Selasa (16/8/2022).

Pada 26 Juni lalu, SAF bekerja sama dengan Baitu Maal BESTARI pimpinan Supardi Lee. Bentuk kerja sama ini adalah pendampingan pelaku usaha UMKM agar program Naik Kelas berhasil. Lewat program ini, Wisnu berharap UMKM mendapatkan pendampingan usaha yang baik.

Dia menjelaskan hambatan UMKM untuk maju sangat banyak, seperti kurangnya peralatan. Ketika SAF membantu pelaku UMKM pengusahan kue bolen, bantuan pertama adalah oven. Pergerakannya agak lambat kemungkinan kebutuhan besar dalam keluarga mereka.

Berulang kali SAF bantu membeli produknya dan dibagikan ke beberapa komunitas di sekitarnya. Ini penting selain untuk marketing juga untuk memberikan pemasukan yang besar.

“Bantuan tidak hanya sekali bisa beberapa kali. Saya lihat satu bulan ke depan apakah ada perubahan dan perkembangan. Misal, kurang greget, saya tambahkan yang kurang. Misal, tabung gas kurang tambahkan, kotak makanan kurang menarik, beli yang bagus,” ujarnya.

photo
Yayasan yang bergerak di bidang ekonomi dan pendidikan Salman Aman Foundation (SAF) tidak hanya membantu operasional ambulans untuk Yayasan Gerak Bareng. SAF juga mempunyai program lain, yaitu UMKM Naik Kelas. - (SAF)
 
Dia menyebut target SAF per bulan adalah delapan UMKM. Sejauh ini SAF tidak membatasi daerah bantuan tetapi baru mendampingi di wilayah Jawa Barat, Banten, dan Jawa Tengah. “Kisaran bantuan palong besar Rp 2 juta per UMKM sekali bantu. Ada beberapa yang SAF bantu beberapa kali,” tambahnya.

Legalitas program ini SK MENKUMHAM untuk SAF telah terbit pada 8 Juni 2022. Semoga dengan legalitas ini SAF semakin memudahkan membuat gerakan pro Naik Kelas yang dapat menginspirasi banyak orang untuk berbuat serupa.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA