Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Penderita Kencing Manis, Jangan Coba-Coba Empat Makanan Ini

Selasa 16 Aug 2022 05:50 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi mungkin bukan pilihan yang baik, tapi Anda harus tetap mengonsumsinya dalam jumlah terbatas karena juga memberikan energi bagi tubuh.

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi mungkin bukan pilihan yang baik, tapi Anda harus tetap mengonsumsinya dalam jumlah terbatas karena juga memberikan energi bagi tubuh.

Foto: www.freepik.com.
Empat makanan ini wajib dihindari pendeita kencing manis karena kadar gula tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gula darah tinggi atau kencing manis adalah suatu kondisi dimana kadar gula dalam darah tinggi. Ada dua jenis diabetes, tipe-1 dan tipe-2. Diabetes tipe-1 adalah kondisi autoimun di mana pankreas tidak dapat memproduksi insulin.

Diabetes tipe-2 adalah suatu kondisi di mana tubuh menolak insulin atau tidak dapat memproduksi cukup insulin. Untuk menjaga kadar gula tetap terkendali, penting bagi Anda untuk mempertahankan gaya hidup sehat.

Baca Juga

Berolahraga secara teratur dan menghindari makanan tertentu dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi mungkin bukan pilihan yang baik, tapi Anda harus tetap mengonsumsinya dalam jumlah terbatas karena juga memberikan energi bagi tubuh.

Dilansir dari Times Now News, Selasa (16/8/2022), berikut adalah beberapa makanan yang harus Anda hindari jika Anda menderita diabetes

1. Yoghurt berperisa

Yoghurt berperisa sarat dengan gula dan pemanis yang menambah kadar gula yang sudah tinggi. Sebaiknya Anda menghindari yoghurt rasa ini dan sebagai gantinya mencoba yoghurt biasa atau greek yoghurt. Dan untuk ini, Anda bisa menambahkan biji atau buah segar untuk menambah rasa.

 

2. Smoothie

Saat Anda membeli smoothie yang sudah jadi, kemungkinan besar ini terbuat dari jus buah yang kurang serat. Ketika diet Anda kekurangan serat, kadar gula darah bisa naik dan karenanya memasukkan serat ke dalam diet adalah penting. Smoothie yang sudah jadi kekurangan serat dan itu bisa meningkatkan kadar gula darah.

 

3. Sereal manis

Ada beberapa sereal yang tersedia yang tinggi protein dan serat, dan di sisi lain, ada sereal yang tidak mengandung semua ini. Mengonsumsi sereal ini dapat meningkatkan kadar gula darah secara signifikan. Oleh karena itu, ketika Anda makan sereal ini, pastikan Anda mengonsumsinya dengan beberapa bentuk protein dan serat lainnya sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah.

 

4. Karbohidrat olahan

Makanan ini memiliki indeks glikemik tinggi dan dapat meningkatkan kadar gula darah. Makanan seperti nasi putih, kentang dan roti putih antara lain dapat berkontribusi pada peningkatan kadar gula darah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA