Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Lomba Game Online Bisa Jadi Salah Satu Ide Lomba 17 Agustus 

Selasa 16 Aug 2022 03:00 WIB

Rep: Dessy Susilawati/ Red: Muhammad Hafil

 Seorang pria memainkan game online

Seorang pria memainkan game online

Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto
Permainan tradisional tetap menjadi ide lomba pilihan masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Ide lomba 17 Agustus perlu dipersiapkan menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77. Walaupun semakin banyak jenis permainan baru di masyarakat yang juga dipilih untuk mengisi kemerdekaan, permainan tradisional tetap menjadi ide lomba pilihan masyarakat untuk meramaikan perayaan 17 Agustus nanti.

Lavenia selaku Business Development Ximpay Store mengatakan selain sebagai wadah hiburan, perlombaan 17 Agustus juga dimaknai untuk merayakan kemenangan para pejuang, yang telah berjuang untuk bangsa Indonesia. Selain itu perlombaan 17 Agustus juga sebagai sarana masyarakat untuk berbaur dan bersilaturahmi satu sama lain.

Baca Juga

Karena hal itu, Ximpay Store akan berbagi beberapa ide permainan untuk lomba 17 Agustus, di antaranya:

Perlombaan game online

Dengan kemajuan jaman dan teknologi, game online sekarang sudah menjadi tren baru dan sudah banyak pertandingan nasional maupun dunia digelar. Dengan menjadinya tren baru di kalangan anak muda sekarang, game online bisa dijadikan sebagai lomba unik saat perlombaan 17 Agustus nanti.

Salah satu game online yang cocok untuk dijadikan perlombaan adalah PlayerUnknown's Battlegrounds Mobile atau PUBGM yang merupakan game battle royal. Cara bermain game PUBGM hampir sama dengan Free Fire. Namun yang membedakan dari game ini yaitu grafik, gameplay, dan lain-lain.

Perlombaan balap karung

Permainan tradisional pertama yang senantiasa membawa kebahagiaan dalam memeriahkan ulang tahun Republik Indonesia adalah balap karung.

Balapan yang menggunakan bahan karung beras yang biasanya terbuat dari karung berbahan goni ini tidak hanya digemari oleh anak-anak, tetapi juga orang dewasa sekalipun.

Para peserta bermain dengan memasukkan kedua kaki mereka ke dalam karung goni.

Ketika bunyi aba-aba mulai, para peserta harus melompat-lompat ke arah garis finish dengan segera. Tak jarang mereka ada yang tersandung dan terjatuh, membuat gelak tawa yang bikin geli di antara para penonton yang memberi semangat para peserta yang sedang berlomba.

Perlombaan tarik tambang

Dalam permainannya, kita membagi peserta dalam tiap kelompok yang terdiri dari beberapa orang, dan kelompok-kelompok tersebut akan bertanding. Biasanya, peserta permainan tarik tambang ini adalah kaum lelaki dengan postur tubuh yang macho dan tak jarang yang berotot.

Mereka menunjukkan kekuatan mereka dalam sebuah tim untuk beradu dengan tim lawan dengan menarik tali tambang ke arah tim mereka masing-masing. Tangan para peserta sudah pasti akan lecet-lecet, apalagi jika tidak memakai sarung tangan untuk meminimalkan rasa panas di tangan akibat menarik tali tambang.

Perlombaan panjat pinang

Keseruan permainan tradisional spesial Hari Kemerdekaan yang satu ini memang paling kita tunggu. Tidak hanya karena keseruannya, tetapi hadiah-hadiah yang sudah terpajang di atas tiang yang biasanya terbuat dari pohon pinang.

Itulah sebabnya nama permainan tradisional ini kita sebut panjat pinang. Permainan panjat pinang ini akan semakin menantang di mana para peserta akan dilumuri dengan cairan licin seperti oli, demikian juga tiang pinang yang akan mereka panjat.

Oleh sebab itu, para anggota tim perlu kekuatan serta kekompakkan yang harus dilatih sebelumnya.

Demi memperebutkan hadiah-hadiah yang ada di atas puncak tiang, para anggota akan sangat bersemangat dan berusaha untuk memanjat tiang tersebut.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA