Senin 15 Aug 2022 21:32 WIB

Imbang Lawan Rayo, Xavi Akui Barcelona Belum Memenuhi Ekspektasi

Xavi mengatakan pemain barunya perlu istirahat

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Muhammad Akbar
Pelatih Barcelona Xavi Hernandez
Foto: AP/Jose Breton
Pelatih Barcelona Xavi Hernandez

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Barcelona Xavi Hernandez mengakui kekecewaan baik dari para suporter maupun timnya sendiri setelah hasil imbang tanpa gol melawan Rayo pada laga pembuka La Liga musim 2022/2023 di Camp Nou, Ahad (14/8/2022).

Ia mengatakan pemain barunya perlu istirahat setelah pertandingan tersebut. Dia mengakui bahwa harapan telah meningkat musim ini menyusul kedatangan beberapa pemain besar seperti Robert Lewandowski.

Namun, pemain asal Polandia yang bermain sebagai starter gagal mencetak gol. Dan suporter yang punya ekspektasi tinggi kepadanya kecewa dengan kenyataan tersebut.

"Saya mengerti kekecewaannya, kami telah menghasilkan banyak harapan. Kami harus menganalisis permainan dengan baik, meningkatkan dan terus percaya pada model dan terus bekerja," kata Xavi dikutip dari Tribal Football, Senin (15/8/2022).

Xavi mengakui Rayo mampu bertahan dengan baik dari gempuran serangan Barcelona, sehingga Lewandowski dkk kesulitan untuk menciptakan banyak peluang seperti biasanya.

Menurutnya ini sangat memalukan karena sejak awal pasukannya ingin menunjukkan kepada para penggemar bahwa mereka berada di jalur yang benar.

"Ini mengecewakan, tetapi kami meminta kesabaran. Kami perlu menyerang lebih baik dan menciptakan peluang."

"Kami tidak memainkan permainan terbaik kami. Kami kecewa. Bisa jadi ekspektasi terlalu tinggi tidak memadai," jelasnya.

"Saya tidak ingin mencari-cari alasan. Hanya penjelasan. Memang sebaiknya ada ekspektasi yang tinggi. Saya yang pertama menerima ekspektasi ini."

"Mungkin, dengan mencari penjelasan, kami sedikit lebih stres. Kami kurang efektif. Seharusnya itu adalah pertandingan yang bisa kami menangkan dengan baik," kata Xavi.

Frenkie de Jong datang dari bangku cadangan di tengah rumor bahwa ia mungkin meninggalkan klub musim panas ini.

Namun, Xavi menegaskan bahwa dia menganggapnya sebagai pemain kunci bagi Barcelona . "Dia bukan (pemain) cadangan," tambah Xavi.

“Saya sudah mengatakan itu. Dia pemain penting. Jika dia bersama kami, dia akan menjadi pemain yang akan memberi kami sesuatu. Terlebih lagi dengan sikap ini," jelasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement