Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

HUT ke-77, Pemprov Jabar akan Gelar Tiga Budaya Hingga Konser Dewa 19

Selasa 16 Aug 2022 05:52 WIB

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad

HUT Jabar tahun ini akan dimeriahkan dengan konser musik Dewa 19.

HUT Jabar tahun ini akan dimeriahkan dengan konser musik Dewa 19.

Foto: istimewa
Tema HUT tahun ini adalah Jabar Juara Indonesia Juara.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Provinsi Jabar akan berulang tahun ke 77 pada 19 Agustus ini. Menurut Ketua Penyelenggara Hari Jadi Jabar ke 77 Tahun 2022, Siska Gefrianti, peringatan Jabar HUT Jabar yang ke 77 akan digelar lebih gegap gempita.

"Peringatan HUT Jabar harus meriah dirasakan hingga ke desa. Agar terasa Jabar ulang tahunnya," ujar Siska di acara Jabar Punya Informasi (Japri), di Gedung Sate, Senin (15/8).

Baca Juga

Siska menjelaskan, tema HUT tahun ini adalah Jabar Juara Indonesia Juara. Tema ini bermakna juara lahir batin sehat secara fisik mental. Peringatan HUT Jabar akan dimulai dengan pra event Konser Dewa 19, di Lapangan Tegalega pada 18 Agustus 2022. Karena, kapasitasnya harus diatur dan punya aplikasi Peduli Lindungi.

"Kami pilih Dewa 19, karena HUT Jabar tanggal 19. Konser Dewa 19 digelar di Tegalega karena lapangannya luas. Selain itu dirangkaikan dengan launching Preman Pensiun," katanya.

Selain itu, kata dia, pada 10 Agustus lalu sudah ada  kick off lomba-lomba yang digelar secara online. Setelahnya, Hari H akan ada beberapa kegiatan. Yakni, upacara pada pukul 7 di Lapangan Gasibu mengundang semua tokoh masyarakat.  "Upacara peringatan HUT Jabar diperkirakan akan dihadiri 1977 orang. Ini menandakan tanggal 19 ulang tahun Jabar yang ke 77," katanya.

Setelah selesai upacara, kata dia, acara puncaknya menampilkan tiga seni budaya yang ditonjokan. Yakni, Betawi, Sunda dan Cirebon. "Saat prosesi pemotongan tumpeng, dilapangan, berjalan dari lapangan ke DPRD dan di DPRD ada budaya lagi," katanya.

Setelah selesai upacara di Gasibu, kata dia, rombongan akan diiringi budaya priangan. Lalu, sambil berjalan ke DPRD di kawal budaya cirebon. Setelah sampai di DPRD akan ada palang pintu sebagai ciri khas budaya Betawi.  "Nah siang harinya ada gebyar budaya, dari 27 kabupaten/kota. Sekitar 13.30 WIB menari bersama di gasibu dan depan Gedung Sate," katanya.

Selain itu, kata dia, akan ada pemotongan tumpeng 77 meter dan 77 congcot tumpeng yang akan dibagikan. Kegiatan lainnya, ada festival kuliner dan festival budaya. "Ada 77 jenis kuliner dan 7.777 dibagikan ke masyarakat di 27 kabupaten kota," katanya.

Menurut Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya, lomba lain yang digelar adalah Fashion show, lomba masak 77 peserta. Hadiahnya, akan berkaitan dengan kelistrikan. Lomba-lomba tersebut, bisa diikuti seluruh masyarakat.

Ada juga, kata dia, lomba ekpresikan 77 mu dan Perlombaan Cance tiktok challenges. Hadiah totalnya, ada 77 juta perkategori. "Setiap kategori ada 7 pemenang. Selain uang ada merchindise menarik. Sebagai upaya ada kemeriahan kami menggubakan platform digital," katanya.

Nantinya, kata dia, akan dipilih 77 besar berdasarkan kreativitas. Serta akan dikurasi jadi 7 besar berdasarkan kreativitas. "Jadi akan ada juara 1,2,3 dan favorit," katanya. 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA