Senin 15 Aug 2022 15:36 WIB

Paman Birin: HUT Ke- 72 Kalsel Momentum Memacu Perekonomian di Banua

Berbagai bukti capaian pembangunan di Kalsel saat ini adalah hasil dari sinergi.

Paman Birin pada puncak peringatan hari jadi ke 72 Provinsi Kalsel di kawasan Kantor Gubernur Kalsel Jalan Sudirman atau Siring Kilometer 0 Banjarmasin.
Foto: Pemprov Kalsel
Paman Birin pada puncak peringatan hari jadi ke 72 Provinsi Kalsel di kawasan Kantor Gubernur Kalsel Jalan Sudirman atau Siring Kilometer 0 Banjarmasin.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor mengajak segenap unsur masyarakat di Banua, bersama-sama memulihkan perekonomian dan memacunya kembali, setelah terhambat pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir.

Peringatan hari jadi ke -72 Provinsi Kalsel yang jatuh pada 14 Agustus dan mulai membaiknya pertumbuhan ekonomi ujarnya, dapat dijadikan momentum untuk melakukan upaya memacu peningkatan yang lebih cepat.

Baca Juga

“Mudahan dengan momentum peringatan hari jadi ke-72 ini, akan semakin memantapkan dan meningkatkan serta memperkokoh semangat dan tekad seluruh elemen di Provinsi Kalsel, untuk terus membangun dan berkontribusi untuk daerah,” ujar Paman Birin pada puncak peringatan hari jadi ke 72 Provinsi Kalsel di kawasan Kantor Gubernur Kalsel Jalan Sudirman atau Siring Kilometer 0 Banjarmasin.

Turut hadir, Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin dan Sekdaprov Roy Rizali Anwar serta pejabat lingkup Pemprov yang lengkap berpakaian adat Banjar dengan warna kuning yang dominan. Selain itu, turut menyaksikan prosesi peringatan hari jadi yang dirangkai dengan pesta rakyat atau makan gratis bersama itu, Ketua DPRD Kalsel Supian HK dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah lainnya.

Dirasakan bersama ujarnya, dalam dua tahun ini, seluruh elemen bahu membahu dalam menangani pandemi Covid-19. Bagaimana pengorbanan para tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam mengatasi pandemi.

Kemudian, seluruh kekuatan dan sumber daya yang dimiliki pemerintah daerah, TNI dan Polri dalam mengupayakan percepatan vaksinasi di daerah. Seiring membaiknya situasi pandemi ini, perekonomian Kalsel juga semakin membaik setelah mengalami kontraksi hingga minus 1,81 persen di tahun 2020. Perekonomian tumbuh 3,48 persen di tahun 2021, dan diproyeksikan akan lebih baik di tahun 2022.

Oleh sebab itu, Pemprov Kalsel menangkap momentum ini, sebagai landasan untuk percepatan pembangunan daerah, mewujudkan visi Kalsel MAJU (Makmur, Sejahtera, dan Berkelanjutan). Pemprov Kalsel terus menggali potensi-potensi daerah, membuka peluang-peluang investasi, khususnya di sektor pariwisata, industri manufaktur, pertanian dan perkebunan, serta sektor UMKM lokal.

Paman Birin tak lupa menyampaikan apresiasi atas komitmen dan konsistensi seluruh jajaran Pemprov, DPRD, jajaran forkopimda, pemerintah kabupaten/kota, serta seluruh komponen masyarakat dalam membangun daerah.

“Berbagai bukti capaian pembangunan di Kalsel saat ini adalah hasil dari sinergi dan kolaborasi seluruh pihak,” ujarnya, dalam siaran pers.

Peringatan hari jadi selain dimeriahkan dengan penampilan seni tari, juga menampilkan pemain biola muda Velicia Arika Kafi. Gadis ini menunjukan kepiawaiannya membawakan musik instrumental lagu Banjar seperti Gunung Bamega plus persembahan khusus untuk Paman Birin yakni tembang “Buih Jadi Permadani”.

Selanjutnya, ditampilkan pertunjukan kesenian Banjar Mamanda dan drama tari pendek berjudul “Perjalanan Anak Sungai”. Sebelum proses peringatan diakhiri, disampaikan tausyiah dan pengairan nasi astakona serta peninjauan stan-stan yang menyediakan makanan gratis untuk masyarakat yang hadir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement