Saturday, 2 Jumadil Awwal 1444 / 26 November 2022

Alaba Antar Los Blancos Petik Kemenangan pada Jornada Pembuka La Liga

Senin 15 Aug 2022 06:20 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

 David Alaba dari Real Madrid merayakan gol dengan Karim Benzema.

David Alaba dari Real Madrid merayakan gol dengan Karim Benzema.

Foto: AP/Sergei Grits
Meski sempat tertinggal, Madrid mampu bangkit.

REPUBLIKA.CO.ID, ALMERIA -- Real Madrid mengawali upaya mempertahankan titel juara La Liga musim ini dengan raihan poin maksimal lewat kemenangan, 2-1, atas Almeria, Senin (15/8/2022) dini hari WIB. Kendati begitu, kemenangan atas juara Segunda Division musim lalu itu tidak diraih Los Blancos dengan mudah. 

Laga baru berjalan enam menit, Los Blancos sudah dikejutkan dengan gol dari tuan rumah. Largie Ramazani berhasil lolos dari jebakan offside lini belakang Madrid. Setelah menerima umpan terobosan lambung dari Inigo Eguaras, Ramazani langsung merangsek ke dalam kotak penalti Los Blancos. Penyerang asal Belgia itu kemudian mengarahkan bola ke sisi sebelah kiri gawang Los Blancos tanpa bisa diantisipasi oleh Thibau Courtois. 

Baca Juga

Gol ini langsung melecut semangat para penggawa Los Blancos. Serangan demi serangan dibangun anak-anak asuhnya Carlo Ancelotti. Pada sepanjang babak pertama, Madrid tercatat melepaskan 18 tembakan, termasuk delapan tembakan tepat mengarah ke gawang. 

Namun, Almeria mampu tampil solid dan terus mementahkan setiap serangan juara bertahan La Liga tersebut. Tidak hanya itu, Fernando Martinez, yang mengawal gawang Almeria, juga mampu tampil cukup impresif. Pada sepanjang babak pertama, Martinez melakukan delapan penyelamatan. 

Madrid sebenarnya sempat mencetak gol pada menit ke-43. Lucas Vazquez, yang ditempatkan sebagai bek kanan di laga ini, mampu menyambar umpan dari Toni Kroos di depan mulut gawang. Namun, wasit menganulir gol ini lantaran Vazquez dinilai telah berdiri dalam posisi offside. 

Pada awal babak kedua, Ancelotti merespon ketertinggalan Los Blancos dengan memasukan Luka Modric. Gelandang asal Kroasia itu masuk menggantikan Eduardo Camavinga. Tidak hanya itu, pada menit ke-57, pelatih asal Italia juga mengganti Aurelien Tchouameni dengan Eden Hazard. Los Blancos akhirnya bisa memecah kebuntuan dan merobek gawang tim tuan rumah, tepatnya pada menit ke-61. 

Saat melakukan penetrasi di sebelah kanan pertahanan Almeria, Vinicius Junior sempat kehilangan kendali bola. Bola pun bergerak liar dan coba dimanfaatkan oleh Karim Benzema. Penyerang asal Prancis itu langsung mengarahkan bola ke Vazquez, yang sudah berdiri bebas. Vazquez langsung menyambar bola hasil operan Benzema ke arah gawang. Martinez, yang sudah tidak berada dalam posisi yang tepat dan gagal menghalau sepakan Vazquez tersebut. 

Keputusan Ancelotti untuk memasukan David Alaba guna menggantikan Ferland Mendy pada menit ke-74 berbuah maksimal. Sentuhan pertama Alaba di laga ini langsung menjadi gol dan membawa Los Blancos berbalik unggul. Mantan pemain Bayern Muenchen itu sukses mengeksekusi tendangan bebas dari tepi kotak penalti Almeria. 

Gol Alaba tersebut terbukti menjadi gol kemenangan Los Blancos dalam lawatan ke markas Almeria, Stadion Power Horse. Madrid pun mengawali upaya mempertahankan titel La Liga pada musim ini dengan raihan kemenangan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA