Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Pelajar Madrasah Sukabumi Juarai Lomba Esai Nasional di Unhas Makassar

Ahad 14 Aug 2022 22:35 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Hafil

Kompetisi Sains Madrasah (ilustrasi)

Kompetisi Sains Madrasah (ilustrasi)

Foto: antara
Pelajar Madrasah Sukabumi Juarai Lomba Esai Nasional di Unhas Makassar

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Sukabumi menjuarai lomba esai tingkat nasional yang digelar Paguyuban Karya Salemba Empat (KSE) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. Pelajar madrasah tersebut mampu berprestasi dan bersaing dengan sekolah umum lainnya di Indonesia.

Data yang diperoleh menyebutkan, pelajar MAN 1 Kota Sukabumi itu yakni Ihsan Ghazali dan Siti Hamidah yang menjadi juara II dalam Lomba Esai Nasional Paguyuban KSE Universitas Hasanuddin Makassar. Di mana judul esai yang disampaikan yakni Halal Tourism Berbasis Metaverse di Indonesia pada Era Disrupsi.

Baca Juga

'' Alhamdulillah bisa menjadi juara dua dalam lomba esai nasional,'' ujar Kepala Sekolah MAN 1 Kota Sukabumi Badru Tamam kepada Republika, Ahad (14/8/2022). Dalam lomba ini yang jadi juara pertama yakni pelajar SMAN 3 Ponorogo, juara kedua MAN 1 Kota Sukabumi dan juara tiga SMKN 1 Kubu.

Di mana presentasi lomba dilakukan pada Sabtu 13 Agustus 2022. Namun untuk pengumuman juara lomba disampaikan pada Ahad, 14 Agustus 2022.

'' Melalui perlombaan esai ini, anak-anak dilatih untuk peka terhadap perkembangan Indonesia dan global saat ini,'' kata Badru. Sehingga anak-anak ketika nantinya lulus dari madrasah, siap bersaing dengan siswa-siswi lainnya.

Guru Pembimbing Esai MAN 1 Kota Sukabumi Viqhi Aswie mengatakan, esai yang dibuat siswanya terkait lerkembangan pariwisata halal (halal tourism) di dunia saat ini sangat pesat dan tak terkecuali di Indonesia. Bahkan kementerian pariwisata, juga saat ini sedang mengembangkan konsep pariwisata ini.

Namun, kata Viqhi di era modern saat ini, branding-nya pun juga harus mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya adalah teknologi Metaverse yang saat ini sedang sangat diminati masyarakat global terlebih generasi Z.

Oleh karena itu, kata Viqhi dalam esainya pelajar menyampaikan betapa pentingnya untuk mengonsep halal tourism ini menggunakan teknologi Metaverse di Indonesia. Sehingga turis mancanegara dapat merasakan berwisata secara virtual di Indonesia dengan mendapatkan kepuasan layaknya berwisata di dunia nyata.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Dasep Hanan Mubarok menambahkan, raihan prestasi ini sangat membanggakan bagi pelajar madrasah. Harapannya ke depan para pelajar madrasah dapat terus berprestasi di kancah nasional maupun internasional.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA