Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Dosen Tujuh PT Gelar Tridharma Bertajuk “Kolaborasi adalah Koentji”

Ahad 14 Aug 2022 20:08 WIB

Red: Irwan Kelana

Sejumlah dosen dari tujuh perguruan tinggi yang tergabung dalam Forum Lintas Manajemen Indonesia (FORLIMA) menggelar  kegiatan Tridharma secara berkelanjutan dalam tajuk Kolaborasi adalah Koentji.

Sejumlah dosen dari tujuh perguruan tinggi yang tergabung dalam Forum Lintas Manajemen Indonesia (FORLIMA) menggelar kegiatan Tridharma secara berkelanjutan dalam tajuk Kolaborasi adalah Koentji.

Foto: Dok FORLIMA
Kolaborasi ini  harus dilanjutkan karena berdampak pada kemajuan bangsa.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Sejumlah dosen dari tujuh perguruan tinggi (PT) yang tergabung dalam Forum Lintas Manajemen Indonesia (FORLIMA) menyelenggarakan kegiatan Tridharma secara berkelanjutan dalam tajuk Kolaborasi adalah Koentji. Ketujuh perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Pakuan (Unpak), Universitas Ibnu Khaldun (UIKA), Universitas Galuh (Unigal), Universitas Widyatama, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesian Banking School (STIE IBS) Jakarta, dan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatulah Jakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan  di SD Kesatuan Bogor, SMA YRM Cihawar Ciamis Jawa Barat, SMPN 1 Kemang, Bogor Jawa Barat, Pesantren Islam Internasional Al-Andalus, Bogor Jawa Barat, dan STT IKAT Jakarta.

Kolaborasi adalah Koentji merupakan tajuk yang lahir dari kesadaran para dosen yang merasakan betapa pentingnya kolaborasi di era digital. Koentji sendiri merupakan kepanjangan dari Komitmen Untuk Kemajuan Indonesia. Ini berarti para dosen menyadari bahwa untuk memajukan Indonesia wajib berkolaborasi tanpa memadang perbedaan ras, agama, suku, dan golongan.

“…kita sudah mulai dengan kolaborasi di dalam negeri, selanjutnya kita berkolaborasi antarbangsa” kata Kurniawan Saefullah  SE  MEc PhD, wakil Dekan II Fakultas  Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran yang juga penggagas kolaborasi antardosen PT ini dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Ahad (14/8/2022).

FORLIMA merupakan forum yang terbentuk dari kegiatan hibah peningkatan Program Studi Manajemen dan  Administrasi/Manajemen Pendidikan  pada tahun 2019. Kemudian dosen-dosen dari berbagai PT berkomitmen melanjutkan memajukan pendidikan di Indonesia dengan melakukan Deklarasi Bogor, 27 Juli 2022. Isi deklarasi antara lain: berkolaborasi dalam melaksanakan seminar nasional dan internasional, penerbitan Jurnal Nasional Lintas Manajemen,  penerbitan International Journal of Critical Management Studies, Kolaborasi Pengabdian kepada Masyarakat (Nasional dan Internasional), penerbitan Book Chapter dan kegiatan visiting professor. Deklarasi Bogor bertujuan untuk lebih menguatkan pelaksanaan kolaborasi yang sebelumnya sudah terlaksana antara lain guest lecture antar-PT.

Dalam merealisasikan Deklarasi Bogor, sebulan terakhir sudah terlaksana kegiatan Kolaborasi adalah Koentji yaitu Pekan Safari Abdimas sebanyak lima  kali. Kegiatan pertama pada Jumat, 5 Agustus 2022.  Bertempat di SD Kesatuan Bogor, kolaborasi dilakukan dengan kegiatan webinar pendidikan.  Acara pembukaan dengan sambutan oleh Linawati  SPd (kepala sekolah SD Kesatuan).  Acara seminar dipandu oleh moderator Ernawati SPd (Waka Kesiswaan SD Kesatuan).

Pemateri webinar: Prof  Dr  Hj  Indupunahayu  MM Ak  CA (Kaprodi Magister Manajemen Universitas Ibn Khaldun) yang membawakan materi ‘Penguatan SDM Pendidikan; Dr  Rita Komala Dewi  SP  MM (Kaprodi Magister Ilmu Manajemen Universitas Padjajaran) yang membawakan materi "Marketing Sekolah"; dan  Dr  Rais Hidayat, MPd (Kaprodi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Pakuan) yang membawakan materi "Paradigma Baru Pendidikan". 

Kegiatan kedua, Sabtu, 6 Agustus 2022 berupa webinar di Yayasan Raudlatul Muta’alimien Cihawar, SMA YRM Cihawar, Ciamis Jawa Barat. Sambutan pembuka oleh Angga Syarif Nurhidayat  SPd (kepala SMA YRM Cihawar) dan Hj  Elis Atik Ruslia  MM (Pengawas Pembina SMA, Disdik Kabupaten Ciamis). Acara dipandu moderator Stravial Fawaqa  SSos (mahasiswa Prodi Administrasi Pendidikan Unpak). 

Narasumber kegiatan tersebut adalah:  Dr. Yuyun Elizabeth Patras, MPd (Pelatih Ahli PSP Kemendikbud dan dosen Universitas Pakuan) dengan materi “Kurikulum Merdeka”, Dr  H Sulaeman Rahman Nidar  SE MBA (kepala Departement Manajemen dan Bisnis FEB Universitas Padjajaran) dengan materi “Pengelolaan Keuangan Sekolah”;  dan Dr Renea Shinta Aminda SE MM (kepala LPMII UIKA Bogor), dengan materi “Marketing Sekolah di Era Digital’.

Kegiatan ketiga, Senin, 8 Agustus 2022 berupa webinar pendidikan nasional di SMPN 1 Kemang. Kegiatan dipandu oleh moderator Dr. Hj  Dini Kurniani  SPd MPd (Kkepala SMPN 1 Kemang yang sekaligus juga sebagai kepala sekolah penggerak). Narasumber seminar yaitu Riyan Adi Putra  Shum  MHum (dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) dengan materi "Manajemen Perpustakaan Sekolah";  Dr Rais Hidayat MPd (Pelatih Ahli PSP, Kaprodi Administrasi Pendidikan SPs Universitas Pakuan) dengan materi "Peran Kepemimpinan Guru dalam Paradigma Baru Pendidikan";  dan Kurniawan Saefullah  SE MEc PhD (wakil Dekan II Fakultas  Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran) dengan materi "Penguatan SDM Sekolah di Era Digital".

Kegiatan keempat pada Rabu, 10 Agustus 2022  dilaksanakan webinar nasional di Pesantren Islam Internasional Al-Andalus. Pemateri yaitu Dr  Amir Tengku Ramly SP MSi (kepala Pusat Studi SDM UIKA Bogor) dengan materi “Penguatan SDM melalui Pumping Model”;  Dr Farida Wulandari MPd (dosen Universitas Pakuan Bogor dan direktur pendidikan Yayasan Islam Al-Hamidiyah) dengan materi “Paradigma Baru Pendidikan di Era Digital”;  dan Dr Antyo Pracoyo  SE  MSi (dosen Indonesia Banking School Jakarta) dengan materi  “Marketing dan SDM Pendidikan”. 

Kegiatan kelima pada Jumat, 12 Agustus 2022 berupa webinar di Sekolah Tinggi Theologi Ikat. Seminar ini dipandu moderator Dr Donna Sampaleng MPdK  DTh (ketua II STT IKAT dan Direktur LPPM STT IKAT). Pemateri seminar: Dr  Ir  Batara M Simatupang MT  Mphil  CIMBA (Senior Lecture Indonesia Banking School dan ketua Bidang Perbankan di Asosiasi Analisis Pasar Investasi dan Perbankan) dengan materi “Penulisan Opini Ilmiah”;  Dr Dian Wulandari MPd (Kepala  Pusat Pengembangan Karir dan Tracer Study Universitas Pakuan) dengan materi “Growth Mindset”;  dan Kurniawan Saefullah SE MEc PhD (wakil Dekan II Fakultas  Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran) dengan materi “Kolaborasi Riset Internasional”.

Rangkaian kegiatan Kolaborasi adalah Koentji mendapat apresiasi yang tinggi. Hal ini terbukti dari respons pakar dan praktisi pendidikan “Kegiatan kolaborasi ini  harus dilanjutkan karena berdampak pada kemajuan bangsa” ungkap Dr  H  Sulaeman Rahman Nidar  SE MBA yang juga kepala Departement Manajemen dan Bisnis FEB Universitas Padjajaran.

“Kegiatan kolaborasi ini menyatukan keberagaman, harus dipertahankan,” ujar  Prof Dr  Hj  Indupunahayu MM  Ak CA  yang juga Kaprodi Magister Manajemen Universitas Ibn Khaldun.

“STT IKAT merasa terhormat karena diajak oleh perguruan tinggi dan dosen hebat yang mau berbagi dan berkolaborasi,”  papar Dr  Donna Sampaleng  MPdK DTh  yang juga Ketua II STT IKAT dan Direktur LPPM STT IKAT.

Apresiasi yang tinggi juga disampikan Direktur Pesantren Islam Internasional Al-Andalus. “Terima kasih kepada semua dosen, khususnya Unpak yang sudah mengajari kami berbagi dan berkolaborasi tanpa memandang perbedaan, kami sangat senang dengan kegiatan ini,”  papar KH  Nurdin Lc MPd. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA