Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

PDIP Kritik Lawatan Anies ke Jepang Dua Bulan Jelang Lengser

Ahad 14 Aug 2022 17:01 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Indira Rezkisari

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Foto: Republika/zainur mahsir ramadhan
Lawatan Anies ke Jepang dinilai tidak jelas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak, mengkritik kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan ke Jepang sejak Selasa (9/8/2022). Menurutnya, lawatan mantan Mendikbud itu tidak jelas tujuannya.

“Itu lawatan yang tidak jelas, apa pun yang disepakati, akan dikerjakan gubernur berikutnya,” kata Gilbert, Ahad (14/8/2022).

Baca Juga

Tak hanya itu, apapun hasil kunjungan Anies ke Jepang disebut Gilbert belum tentu dikerjakan. Terlebih, saat Anies dinilainya lemah dalam hal manajemen pemerintahan.

“Dari hal yang bukan prioritas, tapi malah dikerjakan sisa kurang dari dua bulan menjabat,” katanya.

Gilbert menuturkan, hal itu juga tercermin dari program sumur resapan yang digembor-gemborkan hingga jelang akhir masa jabatannya. Aral melintang, program penanggulangan naturalisasinya dinilai gagal.

“Ini menjadi pertanyaan, lawatan ini apakah kamuflase untuk jalan-jalan biaya negara? Kok sulit diterima akal?” tanya dia.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertandang ke Jepang menemui Gubernur Tokyo Yuriko Koike. Dua Gubernur itu, membicarakan lebih lanjut terkait potensi kerja sama beberapa bidang, termasuk transportasi publik ramah lingkungan.

Dalam akun instagramnya, Anies mengatakan, ada banyak hal lain yang menjadi pembahasan. “Terutama usaha kebangkitan pasca pandemi, kerjasama membangun kota tahan bencana, dan kerjasama di bidang transportasi publik ramah lingkungan," kata Anies dikutip dari akun instagramnya.

Dalam unggahannya pula, Anies menyinggung Tokyo sebagai salah satu sister cities Jakarta yang lama berhubungan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA