Saturday, 5 Rabiul Awwal 1444 / 01 October 2022

Petugas Pengurai Macet Disiagakan Meski Puncak-Cianjur Ramai Lancar

Ahad 14 Aug 2022 00:27 WIB

Red: Ani Nursalikah

Ilustrasi. Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Raya Puncak, Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Ahad (8/5/2022). Petugas Pengurai Macet Disiagakan Meski Puncak-Cianjur Ramai Lancar

Ilustrasi. Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Raya Puncak, Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Ahad (8/5/2022). Petugas Pengurai Macet Disiagakan Meski Puncak-Cianjur Ramai Lancar

Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Kendaraan menuju sejumlah tempat wisata di Cianjur.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Petugas pengurai macet dari Satlantas Polres Cianjur, Jawa Barat tetap disiagakan meski jalur Puncak-Cianjur ramai lancar di akhir pekan, Sabtu (13/8/2022). Di sejumlah titik rawan macet laju kendaraan tersendat.

Namun, tidak menyebabkan antrean panjang kendaraan. KBO Lantas Polres Cianjur Ipda Yudistira mengatakan sejak Sabtu pagi hingga petang volume kendaraan yang melintas di jalur utama Cianjur mengalami peningkatan. Kendaraan menuju tempat wisata, seperti Savilage, Kebun Raya Cibodas, dan pertigaan Hanjawar menuju Taman Bunga Nusantara.

Baca Juga

"Sampai Sabtu petang volume kendaraan yang melintas mengalami peningkatan namun tidak menyebabkan antrean dari kedua arah. Laju kendaraan tersendat di titik rawan macet seperti pertigaan Hanjawar, Kebun Raya Cibodas, dan Pasar Cipanas," katanya.

Untuk antisipasi macet total menjelang malam, pihaknya menempatkan puluhan anggota pengurai macet dari Satlantas Polres Cianjur sebagai upaya cepat ketika terjadi kepadatan arus, terutama antisipasi imbas antrean di jalur utama wilayah hukum Polres Bogor yang kerap terjadi sore hingga malam.

Ia mengatakan akan melakukan sistem satu arah ketika antrean memanjang dengan ekor antrean lebih dari empat kilometer dari kedua arah. "Ini sebagai upaya antisipasi macet total. Namun, sifatnya situasional. Kalau tidak terjadi antrean, jalur akan tetap diberlakukan normal," katanya.

Pantauan Antara hingga Sabtu petang, volume kendaraan yang melintasi jalur utama Puncak-Cianjur masih relatif tinggi. Kendati demikian, tidak terlihat antrean dengan laju kendaraan terhenti, bahkan pengendara dapat melarikan kendaraan dengan kecepatan normal.

Sebagian besar kendaraan yang melintas merupakan pendatang yang hendak menghabiskan libur akhir pekan di sejumlah tempat wisata di kawasan tersebut, seperti Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara, dan area berkemah Komodo.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA