Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

El-Medina Mengajak Masyarakat Mencintai Alquran

Sabtu 13 Aug 2022 18:25 WIB

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko

 Ilustrasi Alquran

Ilustrasi Alquran

Foto: Republika.co.id
El-Medina mengajak masyarakat untuk lebih mencintai Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- El-Medina Syekh Ali Jaber Rahimahullah (SAJR) menggelar acara Hikmah Muharram 1444 Hijriyah bertema 'Muslimah Membangun Peradaban' di Masjid Istiqlal. El-Medina mengajak masyarakat untuk lebih mencintai Alquran.

Pendiri El-Medina SAJR, Deva Rachman, mengatakan, El-Medina adalah sebuah majelis yang didirikan untuk meneruskan perjuangan Syekh Ali Jaber Rahimahullah. El-Medina mengajak masyarakat untuk lebih mencintai Alquran.

Baca Juga

"Kami (El-Medina) menciptakan program -program untuk kepemimpinan wanita jadi muslimah bisa lebih berkiprah tidak hanya di rumah tapi juga di masyarakat, juga terus menyiarkan tentang Islam rahmatan lil alamin," kata Deva saat diwawancarai Republika di sela-sela acara Hikmah Muharram 1444 Hijriyah di masjid Istiqlal, Sabtu (13/8/2022).

Deva juga mengatakan, perempuan yang bisa membangun peradaban adalah perempuan yang dicontohkan di dalam Alquran. Banyak sekali tokoh perempuan di dalam Alquran. Kalau mentadaburi tokoh-tokoh perempuan yang baik di dalam Alquran, itu sudah jelas apa yang bisa diteladaninya.

Ia mencontohkan perempuan yang bisa diteladani, di antaranya Siti Maryam, Aisyah, Sarah, dan lain-lain. Dalam Alquran, banyak contoh perempuan lainnya, ada contoh perempuan yang baik, ada juga contoh perempuan yang tidak baik agar jangan ditiru.

"Di dalam El-Medina ada karakter yang kami ingin perkenalkan (kepada kaum perempuan) yakni karakter pintar, tawakal, kuat dan juga bisa mengetahui tantangan zaman tapi tetap kita bisa berpegang pada prinsip Islam," ujar Deva.

Sebelumnya, Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof KH Nasaruddin Umar menyampaikan mendukung gerakan perempuan yang dipimpin organisasi El-Medina Syekh Ali Jaber Rahimahullah (SAJR).

Kiai Nasaruddin, mengatakan, menyambut baik semua gagasan yang lahir dalam rangka pemberdayaan umat Islam dan penguatan bangsa Indonesia. Barusan menyaksikan peluncuran El-Medina, berharap peluncuran El-Medina di masjid Istiqlal ini kelak akan bisa memberdayakan perempuan.

"Organisasi (El-Medina) ini memberikan penguatan terhadap kepada kaum perempuan, baik dari segi ekonomi, pengetahuan, keterampilan dan urusan spiritualitas, saya kira kita perlu dukung," kata Kiai Nasaruddin kepada Republika di sela-sela acara Hikmah Muharram 1444 Hijriyah di masjid Istiqlal, Sabtu (13/8/2022).

Imam Besar Masjid Istiqlal berharap Mba Deva Rachman sebagai pendiri El-Medina SAJR yang menjadi sopirnya organisasi El-Medina ini, nanti Insya Allah bisa mengembangkan sayapnya bukan hanya di Jakarta tapi juga di Indonesia. Bahkan mengembangkan sayapnya sampai dunia internasional karena beliau punya kemampuan bahasa Inggris yang baik, dan jaringannya juga bagus, sebab beliau ahli IT.

"Saya optimis organisasi (El-Medina Syekh Ali Jaber Rahimahullah) ini bisa menjadi besar," ujar Kiai Nasaruddin.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA