Sabtu 13 Aug 2022 23:55 WIB

Mensos Risma Janji Pasang 10 Panel Surya di Puncak Jaya Papua

Mensos berjanji akan memasang 10 alat pembangkit listrik panel surya di Puncak Jaya

Rep: Febryan. A/ Red: Esthi Maharani
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini berjanji akan memasang 10 alat pembangkit listrik panel surya di sejumlah titik di Kabupaten Puncak Jaya, Papua.
Foto: ANTARA/Anis Efizudin
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini berjanji akan memasang 10 alat pembangkit listrik panel surya di sejumlah titik di Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini berjanji akan memasang 10 alat pembangkit listrik panel surya di sejumlah titik di Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Hal itu ia sampaikan ketika mengunjungi Sekolah Alkitab Mulia di kabupaten tersebut pada Jumat (13/8/2022).

“Kami ada rencana untuk memasang solar panel di beberapa titik sehingga anak-anak dapat bermain di rumah (pada malam hari), karena terang” ucap Risma sebagaimana dikutip dari siaran persnya, Sabtu (13/8/2022).

Risma juga berharap agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat kebijakan penyediaan listrik untuk semua wilayah Puncak Jaya dan daerah lainnya. "Kami berharap tidak ada lagi gelap," ujar eks Wali Kota Surabaya itu.

Dalam kesempatan itu, Risma juga berjanji akan membangun aula dan gedung kesehatan di Sekolah Alkitab Mulia. Janji itu dilontarkan usai seorang guru bercerita bahwa acara kelulusan siswa selama ini selalu digelar di ruangan terbuka.

Selain janji-janji tersebut, Risma juga berencana memberikan 17 sepeda motor trail listrik bagi warga Puncak Jaya. Kendaraan itu akan digunakan untuk mengangkut logistik ke wilayah-wilayah terpencil. Gereja-gereja pusat di sana akan disediakan fasilitas pengisian ulang baterai untuk sepeda motor listrik tersebut.

Mensos juga menyampaikan bahwa pihaknya telah membangun lumbung sosial di Kabupaten Puncak Jaya. Lumbung itu bisa digunakan langsung oleh masyarakat ketika ada bencana alam.

Dalam lumbung itu, 1.000 paket makanan siap saji, 1.000 pasang pakaian dewasa, 1.000 lembar selimut, 500 pasang pakaian anak, 304 paket makanan anak, dan tiga set tenda serba guna.

Mengakhiri kunjungannya di sekolah tersebut, Risma menyerahkan bantuan sosial senilai Rp. 503.209.620 secara simbolis kepada pemerintah daerah setempat. Bantuan tersebut berupa makanan ringan, susu, baju, celana, pakai anak, bola sepak, serta raket bulu tangkis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement