Sabtu 13 Aug 2022 04:38 WIB

Bakar Sampah Jadi Pemicu Kebakaran Lapak Pemulung di Tebet

Luas area lapak pemulung yang terbakar mencapai 300 meter persegi

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api (ilustrasi)
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan mengatakan membakar sampah jadi pemicu kebakaran lapak pemulung pada Jumat dini hari di Jl. Casablanca Raya RT 09 RW 10, Menteng Dalam, Tebet.

"Ada warga bakar sampah pada pukul 01.00 WIB ditinggal tidur sampai 02.45 WIB api membesar menyambar lapak," kata Perwira Piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan, Sartono dalam keterangan tertulis, Jumat (12/8/2022).

Baca Juga

Sartono menyampaikan kebakaran terjadi pada pukul 03.30 WIB dini hari di lapak pemulung. Pihaknya mendapat laporan dari warga yang datang ke Pos Casablanca.

Sartono menyebutkan peristiwa pemadaman kebakaran tersebut berlangsung kurang lebih dua jam dengan waktu selesai pukul 05.45 WIB. Pada awalnya, Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan mengerahkan lima unit dan 20 personel pemadam kebakaran. Kemudian menjadi tujuh unit dengan 35 personel.

Luas area lapak pemulung yang terbakar mencapai 300 meter persegi. Sedangkan untuk taksiran kerugiannya bisa mencapai kurang lebih Rp 500 juta. Sebanyak 15 KK atau 40 jiwa terkena dampak kebakaran tersebut. "Nihil. Tidak ada korban," tutur Sartono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement