Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

Transplantasi Rambut Jika Alami Kebotakan, Bolehkah?

Sabtu 13 Aug 2022 05:30 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agung Sasongko

Penyebab dan cara mengatasi rambut rontok pada pria (ilustrasi).

Penyebab dan cara mengatasi rambut rontok pada pria (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Transplantasi rambut kini mulai banyak diminati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Transplantasi rambut kini mulai banyak diminati oleh kaum pria terutama yang mengalami kebotakan. Namun bagaimana Islam memandang hal tersebut.

Melansir laman aboutislam.net, Jumat (12/8/2022), Syekh Ahmad Kutty dari Kanada menjelaskan transplantasi rambut dengan cara alami diperbolehkan, sedangkan melakukannya dengan rambut buatan tidak diperbolehkan. Islam melarang kita untuk mengganggu atau merusak tubuh kita secara tidak perlu. Ini termasuk dalam kategori terlarang karena mengubah ciptaan Allah, yang telah dibicarakan sebagai proyek yang dilakukan Setan untuk melibatkan umat manusia.

Baca Juga

Contoh lain dari mengubah ciptaan Allah adalah tersebut adalah face lift, mengubah warna kulit kita melalui operasi dan menambahkan sekelompok rambut palsu ke rambut seseorang.

Nabi (damai dan berkah besertanya) “Allah mengutuk wanita yang menambal rambut (alami) mereka dengan sepetak rambut lain atau wanita yang menerima pekerjaan seperti itu!” ( Muslim ).

Namun demikian, penting untuk menyatakan bahwa Islam sama sekali tidak menentang penggunaan pengobatan untuk menyempurnakan ciptaan Allah tanpa mengubah atau memotongnya dengan cara apa pun.

Transplantasi rambut dari rambut alami sedemikian rupa sehingga menjadi bagian dari rambut alami seseorang dan tumbuh di kulit kepala seseorang dan ditopang oleh itu diperbolehkan. Ini karena sama sekali tidak berbeda dengan transplantasi ginjal atau mata atau jantung.

Sama seperti transplantasi ini diperbolehkan, untuk transplantasi rambut alami yang akan tumbuh dan berakar di kepala seseorang juga dianggap diperbolehkan.Transplantasi rambut buatan, bagaimanapun, berbeda. Karena itu tidak menjadi bagian dari rambut alami seseorang, itu tidak diperbolehkan.

Juga diperbolehkan untuk menggunakan perawatan atau obat-obatan yang membantu pertumbuhan alami rambut seperti halnya kita dapat minum obat untuk meningkatkan penglihatan mata atau stamina fisik kita, dan lain sebagainya.n 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA