Jumat 12 Aug 2022 20:19 WIB

Pupuk Indonesia Group Raih Penghargaan TJSL dan CSR Awards BUMN Track

TJSL & CSR Awards 2022 merupakan acara yang digagas oleh BUMN Track

Pupuk Indonesia Grup meraih penghargaan Pilar Sosial dan Pilar Ekonomi terbaik dalam ajang TJSL & Awards 2022 yang dihelat oleh BUMN Track. Acara yang mengusung tema “Akselerasi BUMN Mendorong Pemulihan Ekonomi Melalui TJSL & CSR” ini diikuti  82 perusahaan top tahan air.
Foto: istimewa
Pupuk Indonesia Grup meraih penghargaan Pilar Sosial dan Pilar Ekonomi terbaik dalam ajang TJSL & Awards 2022 yang dihelat oleh BUMN Track. Acara yang mengusung tema “Akselerasi BUMN Mendorong Pemulihan Ekonomi Melalui TJSL & CSR” ini diikuti 82 perusahaan top tahan air.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pupuk Indonesia Grup meraih penghargaan Pilar Sosial dan Pilar Ekonomi terbaik dalam ajang TJSL & Awards 2022 yang dihelat oleh BUMN Track. Acara yang mengusung tema “Akselerasi BUMN Mendorong Pemulihan Ekonomi Melalui TJSL & CSR” ini diikuti  82 perusahaan top tahan air.

SVP Umum dan TJSL Pupuk Indonesia Yana Nurahmad Haerudin mengatakan bahwa acara TJSL & CSR Awards 2022 juga diikuti oleh beberapa anak perusahaan Pupuk Indonesia, seperti; PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (PSP); PT Petrokimia Gresik (PKG) dan PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC).

Baca Juga

“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada PT Pupuk Indonesia (Persero) dan anak perusahaan Pupuk Indonesia. Perusahaan akan terus berkontribusi terhadap pilar sosial dan pilar ekonomi melalui program-program TJSL dan CSR,” demikian ungkap Yana.

Pada ajang ini, anak perusahaan Pupuk Indonesia seperti PT PIM meraih penghargaan pilar sosial terbaik kategori anak perusahaan. PT PSP meraih penghargaan pilar sosial dan pilar lingkungan terbaik kategori anak perusahaan. PT PKG meraih pilar sosial, pilar ekonomi, dan pilar lingkungan terbaik kategori anak perusahaan. Sementara PT PKC meraih pilar ekonomi dan pilar lingkungan terbaik kategori anak perusahaan.

TJSL & CSR Awards 2022 merupakan acara yang digagas oleh BUMN Track untuk memberikan apresiasi setinggi-tingginya pada BUMN dan Anak Perusahaan BUMN yang telah menjalankan praktik TJSL dan CSR dengan baik dan sesuai dengan empat pilar SDgs. Empat pilar tersebut adalah Pilar Sosial, Pilar Ekonomi, Pilar Lingkungan, serta Pilar Hukum dan Tata Kelola yang juga menjadi empat kategori penghargaan dalam acara TJSL & CSR Awards.

Pupuk Indonesia Grup menjadi bagian dari 82 peserta yang berpartisipasi pada acara ini. Tahun kedua TJSL & CSR Awards ini terjadi peningkatan sebesar 15 persen pada jumlah peserta. CEO BUMN Track, SH Sutarto mengatakan bahwa acara TJSL & CSR Awards tahun ini ramai diminati oleh banyak perusahaan BUMN dan anak perusahaan.

“Tahun kedua ini semakin terlihat banyak kemajuan baik dari segi kompetensi maupun profesionalitas peserta, disamping jumlah kepesertaan yang juga meningkat dari 70 tahun lalu menjadi 82 peserta. Hal ini membuktikan bahwa BUMN dan Anak Perusahaan BUMN tidak hanya bertahan di masa pandemi tetapi juga terus bertumbuh dari sisi kinerja maupun tanggung jawab sosial,” ujar SH Sutarto.

Ketua Komite Penilai TJSL & CSR Award 2022 Thendri  Supriatno mengatakan, TJSL & CSR Award 2022 tahun ke-2 difokuskan pada peran Tanggung Jawab Sosial Lingkungan TJSL BUMN dalam upaya pemulihan ekonomi di era transisi pandemi menuju endemi. Sementara kategori penilaian terdiri dari tiga peringkat, yaitu bintang lima, bintang empat dan bintang tiga. Menurutnya, selain program yang harus in-line dengan empat pilar SDG’s,  terdapat enam aspek penilaian terkait kebijakan, perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, keberlanjutan serta dokumen pelengkap.

“TJSL BUMN diharapkan mampu memberikan value bagi perusahaan baik dari sisi profit maupun benefit, sehingga TJSL tidak lagi dipandang sebagai giving charity melainkan sebagai strategic management yang dampaknya terukur. Ajang ini tidak sekadar memberikan penghargaan melainkan menjadi sarana pembelajaran bersama bagi para peserta untuk meningkatkan kualitas program TJSL,” ungkap Thendri yang juga merupakan Ketua Umum Corporate Forum for CSR Development (CFCD).

Setelah bersaing dengan banyaknya peserta, Pupuk Indonesia Grup berhasil mendapatkan empat bintang pada dua kategori yang berbeda. Empat bintang pertama didapatkan oleh Pupuk Indonesia pada kategori Pilar Sosial terbaik dan empat bintang selanjutnya didapatkan oleh Pupuk Indonesia pada kategori Pilar Ekonomi Terbaik. Pencapaian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi Pupuk Indonesia dalam menciptakan program TJSL & CSR yang lebih terukur, berdampak, dan berkelanjutan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement