Jumat 12 Aug 2022 17:25 WIB

Sarawak Berencana Perluas Pemakaman Muslim Semariang

Pemakaman Muslim Semariang diperkirakan kehabisan ruang dalam lima tahun ke depan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Masjid di Serawak (ilustrasi)
Foto: masjidserianserawak.blogspot
Masjid di Serawak (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  KUCHING -- Lembaga Kesejahteraan Masjid Negara (LAKMNS) Sarawak berencana memperluas kawasan Pemakaman Muslim Semariang. Lokasi ini diperkirakan akan kehabisan ruang dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

Chief executive officer (CEO) LAKMNS Datuk Abang Abdul Wahap Abang Julai mengatakan, diskusi tentang masalah tersebut telah diadakan dengan Departemen Tanah dan Survei Negara. Dia mengatakan 70 persen dari 25 hektar tanah pemakaman telah digunakan.

Baca Juga

“Rata-rata, delapan mayat dimakamkan sehari di sini, jadi kuburan ini diperkirakan akan penuh dalam empat hingga lima tahun lagi," ujar dia dikutip di Bernama, Jumat (12/8/2022).

Oleh karena itu, pihaknya telah melakukan upaya mengajukan permohonan tanah di sekitar pemakaman tersebut. Nantinya, perluasan tersebut akan dikelola oleh Departemen Pertanahan dan Survei.

Hal tersebut ia sampaikan kepada wartawan usai meresmikan gazebo ramah lingkungan di Makam Muslim Semariang.

Saat ini, Abang Abdul Wahap mengatakan ada hampir 16.500 kuburan di pemakaman Muslim terbesar di Sarawak. Sementara itu, dia menginformasikan pembangunan Kompleks Makam Muslimg Semariang diharapkan selesai akhir tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement