Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Prabowo Ingin Dengar Langsung Aspirasi Kader Gerindra Soal Capres

Jumat 12 Aug 2022 14:37 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan

Sejumlah kader bersiap memasuki ruangan saat menghadiri pembukaan Rapimnas partai Gerindra di Sentul International Convention Center (SICC) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022). Sekjen Gerindra Ahmad Muzani sebut Prabowo ingin dengan aspirasi kadernya di Rapimnas.

Sejumlah kader bersiap memasuki ruangan saat menghadiri pembukaan Rapimnas partai Gerindra di Sentul International Convention Center (SICC) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022). Sekjen Gerindra Ahmad Muzani sebut Prabowo ingin dengan aspirasi kadernya di Rapimnas.

Foto: Prayogi/Republika.
Sekjen Gerindra Ahmad Muzani sebut Prabowo ingin dengan aspirasi kadernya di Rapimnas

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) menjadi forum untuk menampung aspirasi dari para kader. Ia menjelaskan, forum tersebut penting bagi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang ingin mendengarkan dorongan untuknya kembali menjadi calon presiden (capres).

"Atas permintaan, dorongan, desakan dari seluruh kader Partai Gerindra di seluruh Indonesia ,bahkan luar negeri yang meminta beliau maju dalam Pilpres 2024. Sebagai orang yg demokratis, beliau tidak percaya begitu saja," ujar Muzani di sela pelaksanaan Rapimnas di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jumat (12/8/2022).

Baca Juga

Prabowo sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, jelas Muzani, memiliki kewenangan dalam menunjuk sosok capres dari partainya. Hal tersebut sudah diatur dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) Partai Gerindra.

"Beliau merasa perlu untuk mendengar langsung aspirasi itu, itulah Rapimnas hari ini yang merupakan forum tertinggi di bawah kongres. Karena itu, setelah beliau mendengar seluruh aspirasi yang disampaikan secara langsung beliau akan jawab nanti pada waktunya," ujar Muzani.

Ia menjelaskan, Rapimnas hari ini sudah dinantikan oleh para kader Partai Gerindra. Karena forum tertinggi kedua setelah kongres itu memiliki agenda tunggal, yakni mendengarkan kesiapan Prabowo untuk kembali menjadi capres di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Saya tidak bisa mendahului tentang apa jawaban beliau. Semua yang setelah menyampaikan pandangan, semuanya meminta, memohon, berharap agar beliau Prabowo Subianto, Ketua Dewan Pembina dan Ketum Partai Gerindra, maju dalam Pilpres 2024," ujar Wakil Ketua MPR itu.

Sebelumnya, Prabowo menjelaskan bahwa partainya menggelar Rapimnas pada 13 Agustus mendatang. Jika forum tersebut mengamanatkan Prabowo untuk kembali menjadi capres, ia mengaku siap menerima amanah tersebut.

"Kalau saya dapat tugas, saya anggap tugas itu tugas yang suci untuk berbakti dan mengabdi kepada rakyat. Tentunya harus saya terima dengan baik seandainya nanti dicalonkan," ujar Prabowo usai mendaftarkan partainya di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Senin (8/8).

Ia belum mengungkapkan lebih lanjut apakah Rapimnas Partai Gerindra juga akan memutuskan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Menurutnya, hal tersebut akan dibahas bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) usai forum tersebut.

"Insya Allah kalau lancar semua mungkin kita akan adakan pertemuan," ujar Prabowo.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA