Jumat 12 Aug 2022 11:27 WIB

Arab Saudi Keluarkan 900 Ribu Izin Umroh dan Visa

Tidak ada batasan jumlah orang yang diizinkan untuk melakukan umroh.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah calon haji melakukan tawaf di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Rabu (6/7/2022). Arab Saudi Keluarkan 900 Ribu Izin Umroh dan Visa
Foto: ANTARA FOTO/Handout/Saudi Press Agency/pras/n
Jamaah calon haji melakukan tawaf di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Rabu (6/7/2022). Arab Saudi Keluarkan 900 Ribu Izin Umroh dan Visa

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Wakil Menteri Haji Arab Saudi Abdulfattah Mashat telah mengonfirmasi tidak ada batasan jumlah orang yang diizinkan untuk melakukan umroh dari luar Kerajaan. Namun, calon jamaah perlu mengecek aplikasi Eatmarna untuk mengetahui waktu dan kapasitas di Masjidil Haram.

Selain itu, Mashat menegaskan seorang peziarah dapat melakukan umroh lebih dari satu kali tanpa menghadapi persyaratan atau batasan apa pun, dengan mendaftar dan memesan slot umroh mereka di Eatmarna.

Baca Juga

Dilansir di Asharq Al-Awsat, Jumat (12/8/2022), ia mengungkapkan Kementerian Haji dan Umrah berupaya mempersingkat prosedur memperoleh visa bagi jamaah yang datang dari luar Kerajaan untuk musim umroh tahun ini. Musim umroh baru telah dimulai sejak 1 Muharram 1444, atau dalam kalender masehi 30 Juli 2022.

Peziarah hanya perlu memenuhi dua langkah sebelum melakukan ibadah umroh. Mereka hanya perlu mengajukan melalui portal reservasi pusat “Maqam”, diikuti dengan pemilihan dan reservasi semua layanan dan paket.

Tak hanya itu, kali ini jamaah umroh juga disebut dapat merancang program perjalanan umrah mereka secara langsung, melalui salah satu e-platform yang telah disetujui. Penerbitan visa umroh melalui aplikasi Eatmarna akan sesuai dengan sistem terpadu layanan kesehatan dan langkah-langkah yang disetujui oleh otoritas terkait. Hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan jamaah sekaligus pengunjung, dalam prosedur mudah yang menjamin kinerja ritual umroh.

Mengenai jumlah visa, Mashat mengatakan Kerajaan telah mengeluarkan lebih dari 85.000 visa sejak awal musim umroh tahun ini. Sejauh ini, sekitar 25.000 pemohon visa yang disetujui telah memasuki tanah Saudi untuk melakukan ibadah umroh.

Adapun jumlah izin yang dikeluarkan melalui Eatmarna sejak awal musim hingga saat ini mencapai 842.045 izin untuk jamaah umroh dari dalam Kerajaan. Pernyataan Mashat ini sejalan dengan rencana transformasi nasional Arab Saudi, yang dijuluki Kingdom Vision 2030. Menurut Visi 2030, Kerajaan bercita-cita untuk menerima 30 juta peziarah dengan perluasan layanan yang diberikan kepada mereka setiap tahun. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement